Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 11:13 WIB

Anies Sebut DP Rp 0 Rumah Lapis

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Pada masa kampanyenya Gubernur DKI Jakarta Anies sempat menjelaskan program penyediaan rumah dengan DP nol rupiah berbentuk tapak. Tak lama ia mengkoreksi bahwa rumah tersebut berbentuk vertikal atau susun.

Terakhir ia mengubah istilah nama untuk program rumah tersebut menjadi rumah lapis.

Anies menjelaskan program rumah dengan bentuk lapis pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan rumah susun.

"(Konsepnya) Rumah susun," kata Anies di Balai Kota DKI kala itu seperti ditulis, Kamis (1/3/2018)


Lebih lanjut, Anies mengungkapkan terminologi 'lapis' memiliki arti yang sama dengan 'susun'. Lapis merupakan bahasa teknis dari susun.

"Kalau lihat izin-izin tulisannya apa? Lapis. Bahasa teknisnya lapis," sambungnya.


Sementara itu, Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan ada perbedaan antara rumah susun dan rumah lapis. Ia mengungkapkan rumah susun menggunakan sistem konsolidasi tanah.

"(Rumah lapis) Intensitasnya rendah. Kalau rumah susun bisa sampai lantai 16. Kalau ini penataan yang sesuai dengan kemauan warga mereka tidak ingin dipindah terlalu jauh dari areanya. Mungkin ada yang disebut sebagai konsolidasi tanah. Land consolidation, itu bisa di-google saja land consolidation," terangnya.


Sandiaga menjelaskan pembangunan rumah lapis tersebut akan fleksibel mengikuti dinamika di lapangan. Dia memberi contoh Kampung Akuarium yang akan dibangun menggunakan konsep rumah lapis.

"Itu fleksibel penempatan tanahnya akan digambar. Contohnya nanti di Akuarium. Coba lihat nanti begitu sudah di launching itu bagian dari land consolidation. Kebijakan untuk menata mereka di tempat lokasinya, dengan bangunan yang tidak terlalu tinggi intensitasnya dan jaraknya menempel dengan jarak tempat tinggal mereka selama ini memilkinya," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed