Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Apr 2018 19:30 WIB

PNS, TNI, dan Polisi Bisa Kredit Rumah Sampai 30 Tahun

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok.Kementerian PUPR Foto: Dok.Kementerian PUPR
Jakarta - Selain tanpa dikenakan uang muka alias down payment (DP), dalam skema pembiayaan perumahan khusus untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota Polri juga mendapat fasilitas tenor lebih panjang dari kredit pemilikan rumah (KPR) pada umumnya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan para pegawai negeri sipil (PNS) mendapat tenor kredit sampai dengan 30 tahun.

"Jadi kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun," kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Skema baru pembiayaan perumahan ini juga sudah dilaporkan dalam rapat terbatas (ratas) mengenai pembiayaan perumahan untuk ASN, TNI, dan Polri di Kantor Presiden kemarin (16/4/2018).



Adapun alasan pemerintah memudahkan persyaratan kepemilikan rumah ini dikarenakan untuk menekan angka backlog. Sampai saat ini terdapat 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah.

"Sehingga ini akan meringankan ASN, TNI, Polri apabila mereka ingin punya rumah," jelas dia.

Menurut Bambang, bunga kredit yang bakal diterapkan pemerintah pada skema ini pun lebih kecil dari KPR komersial. Adapun, skema baru ini ditujukan kepada para abdi negara yang belum memiliki rumah dan kategorinya buka MBR.

"Skemanya sudah siap, tinggal sosialisasi. Tahun ini (implementasi)," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed