Follow detikFinance
Jumat, 04 Mei 2018 12:25 WIB

Ini yang Masih Dikaji BI dan Pemprov DKI Soal Rumah DP Rp 0

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta - Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta bakal lebih sering bertemu Bank Indonesia (BI) terutama BI Jakarta untuk menyelesaikan masalah skema pembiayaan rumah DP Rp 0. Rumah DP Rp 0 ini merupakan program pemprov.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Trisno Nugroho mengatakan masih ada hal-hal yang perlu dibahas.

"Besok Senin kami juga akan ketemu bilateral dengan beberapa rekan dari Pemprov DKI ya. Dibahas terus sampai level teknis. Dari pasca pertemuan minggu ini dengan pak sekda (sekretaris daerah DKI), kita minggu depan mereka akan undang lagi tim teknisnya intinya merumuskan pengaturannya," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Hal yang akan dirumuskan itu adalah mengenai format penyediaan dan pembiayaan rumah DP Rp 0.

"Merumuskan nanti format penyediaan rumah dan pembiayaan. Pengaturan bagaimana eksekusi dari program DP nol rupiah ini. Formatnya itu skema nya kan bisa bervariasi ya, bahwa katakanlah let's say berapa sih yang ingin disediakan pemprov DKI," jelasnya.



Sementara berkaitan dengan format pembiayaan, yang perlu dibahas menyangkut dengan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD DKI di program tersebut.

"Mungkin kami diundang yang next-nya itu format pembiayaannya. Format pembiayaannya bagaimana sih, berapa yang mau dikasih, apa yang harus dialokasikan pemprov terhadap APBD-nya selama 5 tahun, kan ada long terms-nya, persiapannya berapa," lanjutnya.

Dengan begitu dapat diketahui bagaimana gambaran umum dari program tersebut yang akan berjalan selama lima tahun ke depan.

"Kan kita harus lihat gambaran umum dulu program DP nol rupiah ini secara total, bertahapnya bagaimana, sehingga waktu ngatur-ngatur si pergub dan perda jelas. Jadi bagaimana eksekusinya," tambah dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed