Follow detikFinance
Sabtu, 05 Mei 2018 15:40 WIB

Bank Siap Beri KPR Bertenor 30 Tahun Bagi PNS Hingga Polri

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Istimewa/Kementerian PUPR Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan skema pembiayaan tanpa uang muka atau down payment (DP) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota Kepolisian.

Menanggapi hal itu, Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan pihaknya turut mendukung rencana tersebut. Hal itu dilakukan dengan mengusulkan beberapa hal.

"Jadi Bank Mandiri berinisiatif ada beberapa ide yang diajukan dan didiskusikan kemarin, seperti tenor bisa sangat panjang 30 tahun jadi melewati masa pensiun," katanya di Mandiri Property Expo 2018, JCC, Jakarta, Sabtu (5/4/2018).

Kata Ignatius, tenor yang panjang tersebut memudahkan karena KPR tersebut bisa berlangsung hingga masa pensiun.

"Bisa sampai masa pensiun jadi kalau usia sekarang 40 kan pensiun 55 (usia). Nah sisanya 15 tahun," sambungnya.



Selain itu, untuk suku bunga KPR tersebut rencananya disepakati berkisar 10% hingga 11% untuk 5 tahun. Selanjutnya suku bunga akan dievaluasi kembali tapi pihaknya memastikan tidak akan tinggi.

"Suku bunga itu disepakati antara 10%-11% efektif 5 tahun fix. Selanjutnya dievaluasi kalau bisa nggak jauh-jauh dari itu," terangnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan skema yang diusulkan itu bersifat komersil dan untuk harga rumah sebesar Rp 300 juta - Rp 400 juta.

"Komersil biasa, harga rumahnya Rp 300 juta sampai Rp 400 juta," katanya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed