Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Sep 2018 18:28 WIB

Ini Tarif Sewa Wisma Atlet Eks Asian Games

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Jakarta - Wisma atlet yang digunakan para atlet dan official Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Palembang akan diubah jadi rumah susun sewa (rusunawa). Rusun sewa tersebut bisa dihuni oleh masyarakat kategori berpenghasilan rendah (MBR).

Kategori MBR untuk tipe rumah susun sewa sendiri berbeda dengan tipe rumah susun milik. Kategori MBR yang dimaksud adalah yang penghasilannya tidak lebih dari upah minimum provinsi (UMP) tempat dia bekerja.

Sementara untuk tarifnya, Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Yusuf Hari Agung mengatakan besarannya dipatok maksimum sepertiga dari UMP tempat dia bekerja.

"Setinggi-tingginya adalah sepertiga dari UMP. Sekitar 1 jutaan. Tapi memang dalam praktiknya, bisa jadi masyarakat itu affordability-nya kurang. Seperti halnya itu di Rawa Bebek, Rp 750 ribu (tarif sewa). Selisih biaya untuk operasional dan maintenance itu disubsidi oleh pemerintah Provinsi DKI. Nanti harganya sama. Kalau di setneg, ya di setneg yang akan subsidi," katanya saat ditemui di Menara BTN, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Untuk itu, bagi MBR yang tarifnya lebih tinggi dari kemampuannya membayar bisa dimungkinkan mendapatkan subsidi dari pemerintah. Subsidi tersebut akan disalurkan lewat badan pengelola terkait.


"Jadi kalau itu nanti dikelola oleh Setneg (Sekretariat Negara), ya Setneg yang upayakan untuk carikan biaya-biaya yang belum di-cover melalui sewa. Misalnya pemeliharaan, perawatan, bisa dimasukkan ke dalam anggaran DIPA nya," ujar Yusuf.

"Non operasional juga bisa memanfaatkan tenaga-tenaga pegawai negeri yang ada di sana. Sehingga nanti tidak ada biaya tambahan. Bisa kurangi biaya pengelolaan rusun itu sendiri," tambahnya.

Adapun UMP di Provinsi Jakarta saat ini adalah Rp 3.648.000/bulan, sementara di Palembang Rp 2.595.000/bulan. Dengan demikian tarif sewa maksimum rusunawa di Kemayoran sekitar Rp 1.216.000/bulan, sedangkan di Palembang Rp 865.000/bulan. Tertarik?

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed