Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Okt 2018 16:42 WIB

Setelah Diluncurkan, Rumah DP Rp 0 Bisa Dipesan November

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan telah meluncurkan program Rumah Dp Rp 0 di Klapa Village, Jakarta Timur. Hunian berbentuk rumah susun itu bisa mulai dipesan pada 1 November 2018.

Anies mengatakan, peluncuran program ini diharapkan bisa menjadi bantuan kepada warga DKI khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah. Dia bilang, masyarakat bisa mulai memesan pada 1 November 2018.

"Jadi hari ini hari yang bersejarah karena program DP Rp 0 resmi diluncurkan Pergub nya sudah keluar Nomor 104 Tahun 2018, dan program ini nanti akan mulai dibuka pendaftaran pada tanggal 1 November 2018 mendatang," kata Anies usai meluncurkan program tersebut di lokasi, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Anies mengatakan bahwa dirinya berupaya merealisasikan janji-janji selama masa kampanye, salah satunya program DP Rp 0 ini. Dia bilang, program ini menjawab kebutuhan 51,7% warga DKI yang belum memiliki rumah.

"Sekali lagi ini untuk jawab kebutuhan 51,7% warga Jakarta yang tidak memiliki rumah tinggal milik. Dengan program ini InsyaAllah mereka bisa memiliki rumah tinggal satu per satu, dan saya gariskan bahwa semua yang jadi rencana program janji-janji kita tunaikan satu-satu. Hari ini janji DP Rp 0 kita tunaikan," ujarnya.



Sementara itu PLT Kepala dinas perumahan dan Pemukiman DKI Meli Budiastuti mengatakan, peluncuran yang dilakukan saat ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Nantinya pendaftaran pemesanan akan dibuka selama satu bulan.

"Sekarang masih masa sosialisasi kepada masyarakat. Semua warga yang memenuhi syarat bisa ikut. Sasaran kami ialah MBR," jelasnya.

Lebih dari itu, pendaftaran pemesanan bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk offline, warga bisa langsung mendatangi kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI dan 5 kantor Walikota. Sementara untuk online bisa diakses di dp0rupiah.jakarta.go.id.

"Pendaftarannya itu bisa melalui online maupun datang ke lokasi di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan pemukiman, serta ada di 5 kantor walikota. Jadi untuk dekatkan ke warga nanti akan dibuka desk di masing-masing kantor Walikota," ujarnya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed