Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 13:20 WIB

PT HK Investasi Rp 2,1 T Buat Rumah Nempel Stasiun Jurangmangu

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Tangerang - PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya PT HK Realtindo (HKR) akan membangun hunian terintegrasi transportasi atau rusun nempel stasiun di Stasiun Jurangmangu.

Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo menjelaskan, total unit yang akan dibangun oleh PT HK Realtindo di kawasan Stasiun Jurangmangu sebanyak 4.510 unit dan akan terbagi menjadi enam tower di atas lahan seluas 4,6 hektare.

"Total investasi proyek ini sekitar Rp 2,1 triliun," kata dia, Senin (10/12/2018).


Ia menjelaskan, pelaksanaan pembangunannya akan dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan optimalisasi stasiun dan dibangun tiga tower Apartemen dengan kapasitas sekitar 1.500 unit dengan total investasi sekitar Rp 891 Miliar.

Sekitar 30% atau sekitar 450 unit, hunian ini untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Jakarta dan sekitarnya untuk bisa memiliki hunian yang layak.

Hunian untuk MBR tersebut akan dijual dengan harga Rp 8 juta per meter persegi dengan luas mulai dari 32 meter persegi.

"Saat ini, perizinan hunian terintegrasi Stasiun Jurangmangu masih dalam proses. Pembangunan rencananya akan dimulai pada semester 1 tahun 2019 dan ditargetkan selesai pada tahun 2023. Sedangkan Tahap kedua sekitar 2.300 unit akan dilaksanakan setelah seluruh pembangunan tahap pertama selesai dilakukan," jelas dia.


Sebagai informasi, Proyek pembangunan rusun nempel stasiun atau hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) akan mulai dibangun di tiga stasiun di Tangerang. Yaitu di Stasiun Rawa Buntu, Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Cisauk.

Groundbreaking sudah dilakukan pagi ini oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno, di Kawasan Stasiun Rawa Buntu, Senin (10/12/2018).

Proyek ini merupakan proyek kolaborasi, Perum Perumnas, PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya. Diharapkan, hunian ini akan menjadi solusi bagi warga yang tinggal di pinggiran Jakarta. Seperti wilayah BSD, Serpong, Pamulang, Cisauk dan sekitarnya. Hunian berbentuk rumah susun tepat di sisi kiri dan kanan Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan.



Tonton juga 'Suntikan Dana US$ 1 M untuk Tokopedia':

[Gambas:Video 20detik]

PT HK Investasi Rp 21 T Buat Rumah Nempel Stasiun Jurangmangu
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com