Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 14:40 WIB

Konsep Ibu Kota Baru RI, Bappenas: Modern dan Berkelas Internasional

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Eduardo Simorangkir Ilustrasi/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangunan ibu kota baru Indonesia akan mengusung konsep modern dan berkelas internasional. Maksudnya adalah, ibu kota baru nanti bakal mengusung kota dengan konsep ramah lingkungan yang berkelanjutan.

"Kita ingin, apabila kita membangun ibu kota baru, itu adalah ibu kota modern yang berkelas internasional. Artinya smart, green and beautiful," kata Bambang dalam diskusi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (6/5/2019).


Pendekatan pembangunan ibu kota baru Indonesia kata Bambang mirip dengan yang dilakukan oleh Brasil saat memindahkan pusat pemerintahannya dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Saat itu, Brasil memindahkan ibu kotanya lantaran pembangunan terlalu pusat di Rio sehingga terjadi kesenjangan antara daerah selatan Brazil dan pedalaman Amazon.

"Alasannya sangat cocok dengan Indonesia. Brasilia tidak didesain untuk kota bisnis, tapi paling tidak mereka sekarang jadi kota terbesar ketiga di Brasil," kata Bambang.


Untuk itu, Bambang bilang ibu kota baru nantinya tak bakal seramai Jakarta. Selain karena pembangunan ibu kota baru tak bertujuan menciptakan 'Jakarta' kedua, tujuannya untuk menciptakan keseimbangan pembangunan di Indonesia.

"Bahkan mereka (ibu kota baru) ini nantinya nggak akan masuk ke 10 kota terbesar di Indonesia. Yang penting bisa berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi baru. Pemerintahan itu punya nilai ekonomi yang tidak kecil," ungkapnya.


Tonton juga video Staf Presiden soal Wacana Pemindahan Ibu Kota: Minim Gunakan APBN:

[Gambas:Video 20detik]


Konsep Ibu Kota Baru RI, Bappenas: Modern dan Berkelas Internasional
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed