Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 21:05 WIB

Usul Ibu Kota Pindah ke Pulau Seribu, Fahri: Pakai Konsep Maritim

Hendra Kusuma - detikFinance
Fahri Hamzah/Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom Fahri Hamzah/Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan ibu kota negara yang baru dipindahkan ke Pulau Seribu yang mana masih berlokasi di DKI Jakarta. Menurutnya usulan itu pun sudah disampaikan langsung kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat acara buka puasa bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Tadi saya ngomong juga sama Menteri Bappenas, pakai lah konsep maritim. Justru ibu kota itu dipindahkan ke pinggir. Maka saya mengusulkan dipilih lah seperti pulau seribu," kata Fahri di Komplek Istana, Jakarta, Senin (6/5/2019).


Menurut dia, ibu kota negara baru yang dipindahkan sesuai usulannya lebih masuk akal. Karena sesuai dengan visi dan misi pemerintahan kabinet kerja yang mendukung sektor kemaritiman.

"Itu lebih masuk akal karena kita mau mendalami konsepsi negara maritim kan, jadi lebih bagus kalau kita memakai kepulauan sebagai konsep ibu kota kita," ujar dia.


Menurut Fahri, DKI Jakarta sendiri memiliki lahan reklamasi sebagai pengembangan kota itu sendiri. Sehingga bisa dimanfaatkan dan ongkos yang dikeluarkan pun tidak akan banyak.

"Jadi nggak perlu disebutnya pindah, kaya Malaysia aja, ada Putra Jaya sebagai Kantor pemerintahan baru, (...), karena kita menganut konsep negara maritim, itu yang saya bilang, tadi saya bilang juga," ungkapnya. (hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com