Ramai-ramai Jual Tanah di Calon Lokasi Ibu Kota Baru

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 21 Agu 2019 15:20 WIB
Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Belum juga ditetapkan provinsi mana di Kalimantan yang bakal jadi ibu kota, para penjual tanah sudah mulai beraksi, terutama di website. Banyak yang menjual tanah via online.

Misalnya di situs jual-beli online OLX. Para penjual tanah di Kalimantan mulai menjual tanah dengan embel-embel dekat calon ibu kota baru mulai dari harga ratusan ribu bahkan hingga miliaran.

Pertama yakni tanah di kavling Harmoni Residence yang belokasi di Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Di Harmoni Residence tersebut 1 unit tanah kavlingnya dijual dengan harga Rp 122.500 per meter persegi, dengan luas per unit 20x20 meter dan menurut informasi yang dikutip detikfinance, Rabu (21/8/2019) dari laman OLX tersebut, sudah 6 unit tanah kavling yang terjual.


Kedua, yakni tanah di Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang memiliki luas 1,3 hektare (Ha). Tanah bersertifikat hak milik ini dibanderol dengan harga Rp 750.000 per meter persegi. Dari iklannya di situs OLX, tanah tersebut diklaim dekat ibu kota baru dan juga terletak di pinggir jalan.

Kemudian, sama-sama berlokasi di Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, ada tanah seluas 2 Ha yang dijual dengan harga Rp 2 juta per meter persegi. Tanah tersebut dinyatakan sudah bersertifikat hak milik.

Keempat, yakni tanah yang berlokasi di Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan luas 2 Ha. Tanah tersebut dipasang harga Rp 140 juta per Ha. Sehingga, harga untuk 2 Ha tanah tersebut Rp 280 juta. Dari iklannya, sang penjual menyatakan sudah ada empat orang yang menawar tanah tersebut.


Terakhir, yakni tanah seluas 15 Ha yang berlokasi di Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang dibanderol dengan harga Rp 40 miliar.

Jokowi memang belum memutuskan di mana calon ibu kota baru. Ada 2 nama provinsi yang santer digadang jadi calon lokasi yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Tiimur.


Ramai-ramai Jual Tanah di Calon Lokasi Ibu Kota Baru


Simak Video "Menteri PAN-RB Sudah Seleksi ASN untuk Ditugaskan di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)