Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 11:21 WIB

PNS Pindah ke Ibu Kota Baru Dapat Rumah, Modelnya Apartemen

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Pemerintah menjamin hunian bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang pindah ke ibu kota baru negara di Kalimantan. Pemerintah yang akan membangunkan rumahnya. Kemungkinan modelnya adalah rumah vertikal alias apartemen.

"Perumahan ASN (PNS) ini disiapkan oleh pemerintah. Artinya apartemen ya, apartemen semacam untuk perumahan pegawai, dibuat oleh pemerintah," kata Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dari Bappenas Imron Bulkin kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Tapi desain hunian ini belum diketuk palu akan berbentuk apartemen. Tapi melihat desain besar ibu kota baru negara, yang paling cocok adalah hunian vertikal.


"Kita belum sampai detail itu ya. Tapi kita hanya menghendaki nanti kotanya itu jadi compact city, jadi tidak menyebar. (Yang cocok) memang apartemen," jelasnya.

Namun akhirnya akan diputuskan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mereka lah yang akan menyiapkan urban design-nya.

"Belum, belum sampai urban design. PUPR ya, yang bikin urban design-nya. Makanya kita belum sampai sedetail itu. Kementerian PUPR yang akan mendetailkan urban design-nya," jelasnya.


Rumah bagi PNS ini memang disediakan oleh pemerintah. Namun pemerintah belum membicarakan lebih lanjut apakah nantinya PNS harus membayar sewa atau tidak.

Simak Video "Gerilya Pemburu Tanah di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com