Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Sep 2019 12:27 WIB

Lokasi Istana Papua, Basuki: di Dekat Jembatan Holtekamp

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Usman Hadi Foto: Usman Hadi
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa lokasi Istana di Papua berada di atas bukit dekat Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

"Ide yang saya dapatkan dekat Jembatan Holtekamp, ada bukit di sana, saya belum survei," kata Basuki di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Basuki mengaku, sudah mendapat perintah pembangunan istana di Papua dari pihak Sekretariat Negara. PUPR, lanjut Basuki baru mau melakukan tahapan survei lokasi lahan seluas 10 hektar yang rencananya dihibahkan oleh warga setempat.

Tidak hanya itu, Basuki juga mengatakan bahwa pihak Pemerintah akan melakukan sayembara terkait dengan desain untuk istana di Papua. Nantinya, istana tersebut akan menjadi kantor Presiden saat melakukan kunjungan ke Bumi Cendrawasih.

"Pasti akan kami lakukan sayembara untuk desain Istana tersebut. Tapi jangan dibayangkan seperti istana negara gitu, jadi kaya wisma negara sehingga nanti akan menjadi kantor presiden kalau beliau ada (keperluan)," ungkap dia.


Sebelumnya, Presiden Jokowi memenuhi permintaan tokoh-tokoh Papua soal pembangunan Istana Presiden di tanah Papua. Jokowi menyatakan Istana Presiden di tanah Papua mulai dibangun tahun depan.

Setidaknya ada 10 poin aspirasi tokoh-tokoh Papua yang disampaikan di depan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019). Satu persatu aspirasi dari tokoh-tokoh Papua itu dikabulkan oleh Jokowi.

Tiba di poin ke-10, yaitu permintaan pembangunan Istana di Papua, Presiden Jokowi tak langsung menjawab. Jokowi terlebih dulu berbisik-bisik dengan Mensesneg Pratikno dan juga Menko Polhukam Wiranto.

Setelah berbisik-bisik sekitar 30 detik, Presiden kemudian mengabulkan permintaan itu.

"Mulai tahun depan Istananya mulai dibangun," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan 61 tokoh Papua yang hadir.



Simak Video "Papua Masih Membara, Jokowi Merespon"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com