Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 16:34 WIB

Investasi di Vietnam, Tanahnya Bisa Gratis

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: (Martin Purnama Putra/dTraveler) Foto: (Martin Purnama Putra/d'Traveler)
Jakarta - Vietnam kini menjadi salah satu negara yang cukup banyak menarik investasi perusahaan dunia. Negara ini dinilai memberikan keuntungan bagi para investor.

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi mengatakan, salah satu faktor yang membuat Vietnam begitu seksi di mata investor adalah fasilitas tanah yang diberikan oleh pemerintahnya.

Di Vietnam ternyata pemerintahnya bisa memberikan cuma-cuma tanah milik negara untuk investor yang ingin berinvestasi pada sektor industri yang tengah menjadi fokus pembangunannya.

"Di sana tanah kan pada dasarnya milik negara, tidak ada milik swasta. Jadi pemerintah sana memang punya tanah yang bisa dilepas. Misalnya dia mau bangun hotel sesuai industri yang mau dikembangkan, okeh you mau berapa hektare? Harganya kadang cuma harga administrasi saja," terangnya saat berbincang dengan awak media di Sparks Luxe Hotel, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Tapi pemerintah Vietnam memberikan cuma-cuma tanahnya kepada investor dengan beberapa syarat. Selain membangun kegiatan usaha sesuai dengan industri yang ingin dikembangkan, juga ada persyaratan detil lainnya.


"Misalnya Anda harus kerja keras dan janji misalnya akan mempekerjakan 500 orang, atau Anda bangun infrastruktur jalan ataupun listrik dan lainnya," tambahnya.

Pemberian tanah secara cuma-cuma untuk jangka waktu tertentu itu di Vietnam bahkan diterapkan hingga taraf provinsi. Hal itu tentu sangat menggiurkan bagi investor.

"Komponen utama kan tanah. Kalau untuk tanah enggak ngeluarin, duitnya bisa dibuat untuk pembangunannya," terangnya.



Simak Video "Dapat Tugas Tambahan Urus Investasi, Luhut: Ya Terima Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com