Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 20:28 WIB

Kepala Bappenas Ingin Ada 'Disneyland' di Ibu Kota Baru

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Suharso Monoarfa. (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Suharso Monoarfa. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) hari ini menghadiri rapat kerja di komisi XI DPR RI. Dalam rapat dibahas pula terkait pemindahan ibu kota negara.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan akan menjadi inspirasi di masa depan.

Pasalnya membangun kota baru akan lebih mudah untuk menerapkan konsep ramah lingkungan, layanan pendidikan yang baik hingga pariwisata.

"Akan banyak hal baru dalam bentuk layanan kesehatan berstandar internasional, layanan pendidikan terbaik di dunia hingga pariwisata misalnya semacam (taman bermain) Disney dan yang lainnya," kata Suharso di Komisi XI DPR, Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Selain itu, Suharso mengatakan pembangunan ibu kota baru ini juga bisa mencontoh negara yang berhasil kemudian mempelajari kesalahan dari negara yang gagal.

"Sudah banyak negara yang sukses dan gagal. Kita tidak ngaca di situ kita mau meniti sejarah sendiri dan ingin berhasil serta menjadi contoh dunia," jelas dia.

Menurut Suharso, dengan ibu kota baru ini ada harapan baru yang ditanamkan oleh Presiden Joko Widodo. "Mimpi itu ada, semua dimulai dari mimpi. Tapi saya kira kita juga mesti tetap optimis," kata dia..


Sedangkan, untuk anggaran Suharso mengatakan tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kecuali untuk pembangunan dasar. Nantinya pemerintah akan menggu akan skema kerja sama dengan pihak swasta.

Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com