Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 14:53 WIB

Basuki Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjamin bahwa ibu kota baru Kalimantan Timur akan bebas banjir. Seperti diketahui Jakarta sebagai ibu kota tak pernah lepas dari masalah banjir.

Basuki menjelaskan secara sejarah, lokasi ibu kota baru memang jarang terkena bencana. Catatan historis aspek air wilayahnya alias hidrologi tidak pernah mengalami bencana banjir.

"Secara paleohidrologinya, dari sejarah hidrologinya nggak ada. Bencananya juga minim," ungkap Basuki, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2020).


Selain itu, desain wilayahnya pun memang dirancang memiliki banyak daerah resapan air. Setidaknya 70% kawasannya bisa menyerap air.

"Sudah dihitung, 70% menurut desain tadi masih berupa ruang terbuka hijau. Nagara Rimba Nusantara jadi dia dengan konsep air yang kental, walaupun tidak dikelilingi laut tapi dikelilingi oleh air," ungkap Basuki.

Tidak sampai di situ, soal lahannya pun Basuki mengatakan sudah dihitung dengan tepat. Berapa luas wilayah dan berapa orang yang menempati.

"Sudah dihitung juga berapa jumlah penduduknya yang akan ada di situ, 2,75 juta. Lalu kalau bertambah, di kawasan ibu kota ada perluasannya," ungkap Basuki.



Simak Video "Bikin Transportasi Otomatis di Ibu Kota Baru Tak Semahal MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com