Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Jan 2020 16:32 WIB

Kritik Keras Erick Thohir Rumah DP Rp 0 Tidak Mendidik!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan didampingi Wakil Menteri (Wamen) BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menghadiri rapat kerja (raker) perdana dengan Komisi VI DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/12/2019). Agendanya membahas Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk BUMN tahun 2019 dan 2020. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pemerintah masih berupaya mendorong penyediaan hunian terjangkau bagi milenial. Namun Erick Thohir sebagai Menteri BUMN menegaskan bahwa tak akan menerapkan DP Rp 0 pada KPR yang disalurkan BUMN untuk program penyediaan rumah.

Menurut Erick, hal tersebut tak mendidik bagi masyarakat yang disasar dalam program penyediaan rumah tersebut.

"Saya tidak setuju zero down payment, zero percent karena kenapa, itu tidak mendidik generasi muda kita menabung," kata Erick saat mengisi kuliah umum, Jakarta, Selasa (27/1/2020).

Erick juga khawatir, dengan DP 0% rumah itu tidak dibeli generasi muda namun trader.

"Jangan-jangan yang zero-zero itu bukan anak mudanya, trader diambil dijual lagi, kalau dia biasakan mencicil dia akan punya tanggung jawab, tapi akses cicilan 20-30 tahun dan cicilannya tidak memberatkan," sambungnya.

Program rumah DP Rp 0 sebelumnya dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan. Program tersebut merupakan janji kampanye anis saat mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Adapun program penyediaan rumah yang dicanangkan pemerintah pusat bakal tetap memudahkan masyarakat memiliki rumah. Ia belum mau merinci bagaimana skemanya, hanya saja nantinya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN tetap bakal jadi ujung tombak penyaluran KPR bagi milenial ini.

Bank BTN nantinya akan bekerja sama Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

"Karena memang milenial sulit untuk mendapatkan rumah karena itu kita kasih easy akses," tegasnya.

Untuk mewujudkan sejuta rumah ini, rencananya Erick akan ke Jepang untuk mencari 'dan murah' guna mewujudkan rumah milenial.

"Minggu ini juga saya berangkat lagi ke ke Jepang ketemu JBIC penugasan, untuk memastikan juga bahwa hal-hal pembangunan khususnya satu juta rumah buat milenial bisa tercapai," katanya.

"Tidak mungkin dengan dana bank sekarang, mana mampu, bunga harus murah, kita harus cari negara bunga murah," imbuhnya.



Simak Video "Polisi Masih Selidiki Proyek Rumah DP Rp 0 Anies yang Berbau Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com