Pemerintah Bentuk Tim Khusus Kebut Pemindahan Ibu Kota

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 07 Feb 2020 16:11 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk membentuk tim dalam rangka mempercepat penyelesaian masalah pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Kami bersama dengan Menko Perekonomian, Menteri Bappenas, (Menteri) Pariwisata akhirnya kita bentuk tim untuk memfinalisasi masalah penyiapan ibu kota baru," kata Luhut di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Dia menjelaskan bahwa tim tersebut diketuai oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

"Nah ketuanya kami minta Pak Menteri Bappenas. Jadi nanti kami semua lapor ke dia. Nah hari Rabu beliau akan laporan ke kami. Nah dari situ baru nanti kita lapor ke Presiden (Joko Widodo)," sebutnya.

Tim tersebut dibentuk untuk mengkoordinir finalisasi rencana pemindahan ibu kota. Semuanya akan dikelola oleh Bappenas.

"Memfinalkan semua. Kan data sudah banyak nih. Jadi jangan terlalu banyak sumber, biar satu. Nah Menteri Bappenas nanti yang mengkompilasi semua dari Pak Airlangga (Menko Perekonomian), dari saya kasih representasi kita yang sudah kerja selama ini dalam tim tadi," tambahnya.

Dapat diketahui, sejumlah menteri hari ini merapat ke Kantor Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Berdasarkan agenda Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, yang diagendakan adalah rapat koordinasi (rakor) membahas Ibu Kota Negara (IKN) baru Kalimantan Timur (Kaltim)

Berdasarkan agenda beberapa menteri, rapat koordinasi dimulai pukul 14.00 WIB. Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Jumat (7/2/2020), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil tiba lebih awal, disusul Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pukul 13.48 WIB.

Berikutnya hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sekitar pukul 13.52 WIB. Lalu disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama serta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Pemerintah Bentuk Tim Khusus Kebut Pemindahan Ibu Kota


Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)