Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 22:00 WIB

Siap Operasi, BP Tapera Tunggu Payung Hukum

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Infografis KPR Syariah Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta -

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) baru benar-benar bisa operasi pada semester I tahun ini. Untuk operasi, BP Tapera menunggu payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP) yang diperkirakan keluar satu-dua bulan ini.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, pihaknya juga menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai payung hukum untuk mengelola dana eks Bapertarum.

"Asetnya dipisah ada dua Rp 2,5 triliun (modal awal) BP Tapera, dan dana Tapera eks Bapertarum dan ini masih di Kemenkeu. Kan nunggu PP, PP keluar kemudian buat PMK diserahkan di kita untuk kita kelola," katanya di Kementerian PUPR Jakarta, Rabu (12/2/2020).


"Kita target siap operasi secara sistem semester I, tapi belum bisa operasi kalau PP belum turun, PMK belum jadi regulasinya," tambahnya.

Pada semester I ini, lanjut Adi, pihaknya fokus persiapan operasional. Dalam persiapan operasional ini pihaknya berkoordinasi dengan KSEI, Bank Kustodian hingga manajer investasi (MI).

"Saat dana kita kelola peserta bisa catatkan di KSEI, kustodi untuk lakukan pengelolaan individu, itu di semester I," katanya.

Di semester II, pihaknya menyiapkan percontohan untuk pembiayaan aparatur sipil negara (ASN).

"Sama nanti rencana membuat piloting pembiayaan perumahan ASN semester II. Semester I lebih banyak regulasi, persiapan operasi," tutupnya.



Simak Video "Naik Perahu, Bos PLN Inspeksi Listrik Daerah Banjir Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com