2 Skema Disiapkan buat Pendanaan Tapera

- detikFinance
Kamis, 16 Jul 2020 18:45 WIB
Tapera
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menyatakan kesiapannya untuk mendukung program tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang ditarget beroperasi pada 2021 mendatang. SMF siap menyediakan dana kredit pemilikan rumah (KPR) jangka panjang lewat program tersebut dengan 2 skema khusus yakni sekuritisasi dan refinancing.

Tujuannya, tentu untuk meminimalisir missmatch atau ketidakcocokan yang dilakukan pihak penyalur KPR seperti perbankan.

"Sumber kita berasal, pertama capital injection dari pemerintah, penambahan modal negara. Kemudian kita juga aktif mengeluarkan surat utang di pasar modal Indonesia," ujar Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam Webinar Nasional, Kamis (16/7/2020).

Namun, SMF dalam program Tapera ini hanya bisa menyentuh sisi permintaan (demand side) atau dalam hal ini pembiayaan perumahan untuk para debitur.

"Karena kita sekunder, kita tidak bisa langsung ke primer. Jadi dana yang dihasilkan mostly disalurkan ke perbankan yang fokus di KPR yang ada di demand side. Kalau Tapera kan bisa ke supply side tuh," tambahnya.

Ananta melanjutkan, SMF juga melayani pasar menengah bawah untuk bisa mendapatkan dana pembiayaan perumahan. Sebab, SMF dalam hal ini berperan sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan sekaligus fiscal tools-nya pemerintah.

"Karena SMF aktif juga sediakan dana untuk KPR FLPP, di mana 75% dananya disediakan pemerintah melalui PPDPP. Porsi bank disediakan oleh SMF seumur KPR FLPP tersebut. Dalam program FLPP, ketika FLPP masuk ke Tapera, fungsi SMF tetap eksis, sediakan 25% dana dari FLPP itu," tandasnya.



Simak Video "Berapa Sih Besaran Gaji yang Diserap Iuran Tapera?"
[Gambas:Video 20detik]
(Soraya Novika/dna)