Mengenal Split House, Konsep Rumah Mungil di Tebet yang Mendunia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 27 Sep 2020 19:00 WIB
Rumah di Tebet dapat penghargaan dunia
Foto: Fernando Gomulya/Delution
Jakarta -

Selain rumah di gang sempit Cipulir, rumah mungil di Tebet yang bernama Splow House juga pernah mendapatkan penghargaan dunia. CEO Delution Muhammad Egha menjelaskan rumah ini mengusung konsep split house.

Dia menjelaskan konsep tersebut adalah penerapan gaya mezanine dalam rumah yang bertingkat, dia menyebutnya sebagai multi mezanine.

Dia menjelaskan rumah ini menggunakan sebutan tiap tingkat lantai menjadi setengah. Setidaknya ada 5 tingkat yang digunakan, mulai dari lantai setengah hingga lantai 2,5.

"Split jadi konsepnya, jadi ini seperti gaya mezanine, ada lantai setengah. Totalnya ada 5 lantai, tiap lantai dihitung setengah, mulai dari lantai setengah sampai 2,5. Jadi kita mau dapatkan banyak ruangan di tengah lahan yang sempit, cuma 90 meter," ungkap Egha kepada detikcom, Minggu (27/9/2020).

"Kalau kemarin saya baca review orang luar, bilangnya ini konsep multi mezanine split," ujarnya.

Selain itu dia juga mengatakan pihaknya mendesain rumah dengan sebuah void utama, alias ruang kosong terbuka yang terletak di tengah-tengah konstruksi antara tingkat lantai.

Egha menyebutkan void ini mampu menjadi tempat sirkulasi udara dan cahaya, selain itu membuat rumah menjadi kelihatan luas karena bentuknya terbuka. Fungsi lainnya bisa juga menjadi sarana komunikasi antar tingkat lantai.

"Kita bikin void tengahnya itu besar, itu jadi sumber cahaya, sumber udara. Bisa juga jadi sarana komunikasi antar lantai, karena ini bentuknya setiap lantai kayak ada balkon gitu. Prinsipnya sama, ada bukaan jadi nggak kelihatan sempit," ungkap Egha.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Rumah Mungil yang Raih Penghargaan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]