Pesan Jokowi ke Penerima Sertifikat Tanah: Jangan Buat Beli Motor-HP

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 16:33 WIB
Jokowi Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah ke Warga Lampung (Laily Rachev-Setpres)
Foto: Jokowi Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah ke Warga Lampung (Laily Rachev-Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah pesan kepada para penerima sertifikat tanah. Salah satunya, sertifikat itu jangan 'disekolahkan' untuk membeli mobil hingga handphone.

Jokowi menerangkan, sertifikat tanah bisa digunakan untuk jaminan modal usaha. Namun, ia meminta agar sebelumnya meminjam dihitung betul, jangan sampai tidak bisa mengembalikan.

"Kalau juga sudah punya sertifikat, bapak ibu kalau ingin membutuhkan tambahan modal atau ingin berusaha ini bisa dijadikan jaminan, bisa dijadikan kolateral ke perbankan atau lembaga keuangan," kata Jokowi saat membagikan sertifikat, Senin (9/11/2020).

"Tapi sebelum pinjem saya selalu titip ini hati-hati dihitung, hati-hati, dikalkulasi bahwa nanti bisa mengembalikan pinjaman itu," sambungnya.

Jokowi berpesan jangan sampai ketika sudah menerima uang pinjaman tidak bisa mengembalikannya. Alhasil, sertifikat itu pun hilang.

Selain itu, Jokowi berpesan agar uang pinjaman itu digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang produktif, tidak untuk membeli mobil bahkan handphone.

"Dan kalau sudah dapat uang dari bank betul-betul 100% digunakan semuanya untuk yang produktif untuk modal kerja investasi. Jangan dipakai untuk beli mobil, jangan dipakai untuk beli sepeda motor. Jangan dipakai untuk anaknya dibelikan HP yang mahal-mahal itu namanya konsumtif," jelasnya.

(acd/ara)