Cicil KPR 15 Tahun Atau 30 Tahun? Baca Dulu Ulasan Lengkapnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 19:15 WIB
Fokus DP KPR Turun
Ilustrasi KPR (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Kredit pemilikan rumah (KPR) merupakan salah satu cara yang ramai dipilih masyarakat agar bisa memiliki hunian impian. Ada beberapa tenor atau jangka waktu yang bisa diambil oleh calon pembeli rumah.

Misalnya 15 tahun atau 30 tahun. Dikutip dari CNN kedua pilihan tenor ini memiliki banyak perbedaan yang bisa dihitung dengan matang oleh pembeli.

Mana yang cocok untuk anda? Mari lihat keuntungan dan kerugian dari pilihan tenor ini?

Disebutkan tenor 15 tahun memang lebih cepat lunas namun biaya cicilan pasti akan lebih besar. Sementara untuk tenor 30 tahun cicilan lebih murah dan jangka waktu lebih panjang.

Saat memutuskan untuk mengambil KPR, bisa diusahakan diambil dengan suku bunga tetap. Ini artinya anda bisa mengunci suku bunga hingga cicilan lunas. CNN juga menyebutkan biasanya untuk KPR tenor 15 tahun memiliki suku bunga yang lebih rendah.

Untuk warga AS, tenor cicilan KPR 30 tahun merupakan pilihan yang paling populer. Hal ini karena cicilan bulanan lebih rendah walaupun membeli rumah yang besar.

Pendiri Britewater Financial Group Juan Carlos Cruz mengungkapkan cicilan tenor 30 tahun merupakan pilihan ideal dengan pembayaran yang lebih ringan.

"Dengan pembayaran bulanan yang lebih rendah, anda akan memiliki lebih banyak uang untuk pengeluaran lainnya atau bahkan bisa menghasilkan uang ekstra," jelas dia.

Cruz mengungkapkan biasanya untuk tenor 30 tahun biasanya ada percepatan pelunasan. "Menurut saya itu adalah pilihan terbaik dan menawarkan lebih banyak fleksibilitas dibanding tenor yang lebih pendek," ujarnya.

Manajer cabang produksi di Fairway Mortgage Nicole Rueth mengungkapkan pembayaran cicilan dengan tenor 30 tahun ini menimbulkan biaya tambahan dan bunga yang lebih tinggi. Jika ditotalkan maka pemilik rumah akan membayar bunga yang lebih besar selama masa cicilannya.

Di AS sendiri rata-rata suku bunga KPR 30 tahun adalah 3,05% yang hampir mendekati rekor terendah.

Kemudian untuk jangka waktu 15 tahun yang tak sepopuler 30 tahun ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya jika pelunasan cepat dilakukan maka anda bisa mendapatkan kemerdekaan finansial lebih cepat pula.



Simak Video "Bos BCA Bicara DP KPR 0%: Tak Ada Batas Kuota, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)