Masih Dibayangi Pandemi, Bagaimana Bisnis Apartemen Tahun Ini?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 27 Feb 2021 18:20 WIB
Pameran Indonesia Property Expo (IPEX) sukses digelar. Sebanyak 600 rumah ditawarkan. Pameran ini juga diikuti lebih dari 167 pengembang.
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Bisnis jual beli apartemen diprediksi bergairah pada tahun 2021. Indikatornya tampak sejak kuartal IV-2020, di mana saat itu ada lonjakan pencarian iklan jual apartemen di Jakarta sebanyak 15% di portal properti Lamudi.co.id.

Menurut Anton Sitorus, Director Research Consultancy Savills Indonesia, bisnis properti khususnya di segmen apartemen masih menjanjikan, hal ini dikarenakan model hunian vertikal memang sangat dibutuhkan terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta.

"Apartemen sangat cocok dipilih oleh masyarakat Jakarta sebagai hunian, karena ketersediaan rumah tapak juga semakin menipis. Tidak hanya itu, apartemen juga bisa menjadi pilihan untuk para eksekutif muda yang ingin memiliki hunian dekat tempat bekerja, sebab banyak apartemen yang dibangun berdekatan dengan area perkantoran," kata Anton, Sabtu (27/2/2021).

Anton mengatakan, bisnis jual beli apartemen di dalam negeri diperkirakan mulai menggeliat pada kuartal II-2021. Namun dengan catatan, pemerintah dapat menekan angka penyebaran COVID-19.

"Pemerintah saat ini sangat serius untuk menangani pandemi, contohnya seperti melakukan vaksin COVID-19 kepada masyarakat. Penanganan COVID-19 ini sangatlah penting, karena dengan begitu akan menimbulkan rasa confidence dari masyarakat jika ingin membeli properti," kata Anton.

Sementara menurut Kundarso, General Manager SQ Rés, memilih tinggal di apartemen merupakan solusi tepat bagi masyarakat di kota besar agar terhindar dari kemacetan. Hal itu dikarenakan banyak apartemen yang dibangun dengan konsep mixed-use, sehingga memungkinkan untuk para penghuni menuju kantor atau tempat perbelanjaan tanpa menggunakan kendaraan.

"Selain itu, daya tarik tinggal di apartemen adalah hunian ini memiliki banyak sekali fasilitas yang memanjakan. Makanya tak heran tinggal di apartemen sangat cocok untuk masyarakat urban yang menuntut hidup praktis," kata Kundarso.

Selanjutnya
Halaman
1 2