Membedah Perbedaan IMB dan PBG, Kamu Wajib Tahu!

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 03 Mar 2021 11:19 WIB
Pengerjaan rumah susun atau rusun Samawa DP 0 rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018), terus dikebut. Begini progresnya.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah dihapus. Beleid itu kini diganti dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Lalu, apa bedanya IMB dengan PBG?

Menurut Staf Khusus dan Juru Bicara (Jubir) Kementerian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi perbedaan mendasar antara PBG dengan IMB adalah terkait permohonan izin sebelum membangun bangunan. PBG tak mengharuskan pemilik gedung mengajukan izin sebelum membangun gedung seperti aturan IMB dulu.

Namun, pemilik gedung harus melaporkan fungsi bangunannya dan menyesuaikan dengan tata ruang di tempat ia ingin membangun bangunan tersebut.

"IMB itu izin, kalau PBG itu adalah bukan izin tidak ada lagi berbasis izin, PBG itu hanya melihat saja tata ruangnya, terus bangunan itu untuk apa, maka dibuat saja sesuai itu, kalau di daerah itu tidak boleh dibangun 3 lantai, ya tidak boleh dibangun, begitu saja," ujar Taufiqulhadi kepada detikcom, Sabtu (27/2/2021) lalu.

Tata ruang sendiri diatur oleh pemerintah daerah masing-masing atas petunjuk dari pemerintah pusat. Untuk itu, persetujuan dari pemerintah terkait membangun gedung ke depan tidak boleh lagi molor seperti saat masih berlaku IMB.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Pemprov DKI Akan Syaratkan Sumur Resapan Urus IMB

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2