Tahukah Kamu, Kenapa Atap Rumah Orang RI Bentuknya Segitiga?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 27 Apr 2021 14:51 WIB
facade of home with manicured lawn, landscaping, and backdrop of trees and dark blue sky. Glowing interior lights create a welcoming mood.
Foto: Getty Images/iStockphoto/hikesterson
Jakarta -

Pernahkah kamu memperhatikan kebanyakan atap rumah orang Indonesia berbentuk segitiga? Padahal banyak jenis atap mulai dari persegi sampai persegi panjang yang biasa digunakan oleh orang Indonesia.

Kira-kira apa ya alasan di baliknya? CEO Vasturuang, Jariyanto mengungkapkan bentuk segitiga pada atap kebanyakan orang Indonesia karena dipengaruhi iklim yang terjadi.

"Karena kita ada di negara tropis, atap segitiga atau pelana di rasa mampu menghalau air hujan," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (27/4/2021).

Atap segitiga ini lebih mudah menumpahkan air ketiga terjadi hujan deras. Sehingga tidak akan muncul genangan seperti di rumah yang atapnya datar. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh bentuk bangunan nusantara.

"Sejak dulu, bangunan rumah tinggal kita sudah dibentuk segitiga oleh leluhur, bahkan beberapa punya nilai filosofi seperti atap joglo misalnya," ujar dia.

Untuk bahan atap biasa digunakan dari bahan beton, genteng tanah liat, seng, asbes, genteng keramik, genteng aspal dan atap sirap.

(kil/fdl)