Pemerintah Obral Stimulus, Bagaimana Efeknya Buat Penjualan Properti?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 30 Mei 2021 15:00 WIB
KPR Tapera
Foto: KPR Tapera (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Meskipun pandemi COVID-19 belum berlalu, peminat atau penjualan properti mengalami peningkatan secara signifikan. Realitas tersebut dipicu oleh aktivitas masyarakat yang banyak dihabiskan di rumah.

"Ternyata, pandemi COVID-19 tidak menyurutkan masyarakat untuk membeli rumah," kata Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi usai menerima BCI Asia Award 2020/2021 di Jakarta, belum lama ini.

Alim menjelaskan, membaiknya kinerja penjualan unit-unit properti tidak lepas dari beberapa faktor seperti program stimulus di bidang properti seperti pembebasan PPN dan DP 0% oleh regulator serta program marketing perseroan secara nasional bertajuk "Wish fo Home", yang menawarkan berbagai tambahan diskon dan bonus.

"Kenaikan penjualan ini salah satunya berkat stimulus pemerintah tersebut," ungkap Alim.

Stimulus yang berlaku sejak 1 Maret lalu, menurut Alim, dinilai sangat efektif membangkitkan kembali minat masyarakat untuk membeli properti di tengah pandemi COVID-19. Ia mengungkapkan, angka penjualan properti tahun 2020 justru lebih tinggi dibandingkan penjualan tahun 2019. "Ini membuktikan insentif yang diberikan pemerintah memberikan impact positif. Bukan hanya pada rumah ready stock, melainkan juga yang bukan ready stock. Paling tidak awareness masyarakat terhadap properti sudah meningkat lagi di 2021," kata Alim.

Semua itu dipicu oleh aktivitas masyarakat lebih banyak dihabiskan di rumah. Ia mencontohkan, masyarakat kini berbelanja dari rumah, kerja dari rumah, dan begitu pula anak-anak sekolah dari rumah. Sehingga kebutuhan akan rumah menjadi sangat penting bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

PT BCI Asia kembali menyelenggarakan acara penganugerahan penghargaan tahunan Top Ten untuk perusahaan konsultan arsitektur dan pengembang, Interior Design Awards (IDA) untuk perusahaan konsultan desainer interior, FuturArc Prize, dan FuturArc Green Leadership Awards yang ke-16 kalinya.

Setelah setahun sebelumnya acara ini harus ditunda dikarenakan pandemi yang melanda seluruh negara, tahun 2021 ini BCI Asia Awards juga melangsungkan penganugerahan untuk para pemenang di tahun 2020.

Sebagai perusahaan penyedia informasi proyek konstruksi lokal dan internasional, PT BCI Asia telah menjadi platform jaringan kerja di antara konsultan arsitektur, pengembang properti, dan produsen.

PT BCI Asia mengikuti, mematuhi, dan menjalankan aturan pemerintah mengenai protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya dan juga membatasi jumlah undangan yang hadir. "Dengan dilangsungkannya acara ini secara offline, PT BCI Asia bersama para pelaku konstruksi berharap ada semangat baru dalam industri konstruksi dimana industri ini memainkan momentum positif dan memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021", ujar Pietter Sanjaya selaku General Manager PT BCI Asia.

Top Ten dianugerahkan kepada perusahaan konsultan arsitektur dan pengembang yang memiliki nilai agregat tertinggi dari sisi proyek yang tengah dibangun selama satu tahun terakhir. Hal tersebut dilihat berdasarkan tingkat keberlanjutan mereka dan peringkat bangunan hijau yang telah dikonfirmasi. Kriteria proyek mencakup dari tahap pra-tender hingga tahap awal pengkategorian untuk desain bangunan hijau.

Interior Design Awards (IDA) BCI Asia Interior Design Awards merupakan penghargaan bagi desainer interior yang telah menciptakan interior yang menonjol secara estetika, fungsi, dan ergonomis.

Bagaimana suatu ruang membuat seseorang merasakan dan mempengaruhi kesehatannya menjadi sama pentingnya dengan bagaimana suatu ruang terlihat dan berfungsi.

Kompetisi ini menjadi kesempatan untuk membangkitkan kesadaran terhadap desain yang bertanggung jawab bagi manusia, ekonomi, lingkungan, dan etika.

FuturArc Prize & FuturArc Leadership Awards Pertama kali diadakan pada tahun 2007, FuturArc Prize mendorong para arsitek profesional dan mahasiswa untuk menghasilkan ide-ide desain inovatif yang berpikiran akan keberlanjutan sebuah bangunan.

Selain itu, pernghargaan FuturArc Leadership Awards yang telah diadakan sejak tahun 2009 mencari bangunan-bangunan yang bertanggung jawab secara ekologis serta mengapresiasi pelaku desain dan konstruksi di belakang proyek tersebut seperti arsitek, pengembang, hingga kontraktor.

(dna/dna)

Tag Terpopuler