3 Penyebab Orang Kaya Ramai-ramai Obral Rumah Mewah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 10:12 WIB
Ilustrasi Rumah Mewah, maket rumah mewah, rumah 2 lt,
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Rumah mewah orang-orang kaya belakangan banyak dijual berdasarkan pantauan di sejumlah platform online. Rumah-rumah mewah yang dijual itu berada kawasan elit Jakarta seperti Pondok Indah, Kelapa Gading hingga Menteng. Apa penyebabnya?

1. Pandemi COVID-19

Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI Jakarta Clement Francis membenarkan adanya fenomena orang-orang kaya menjual propertinya. Bahkan, saat ini lebih banyak orang yang mau menjual rumah daripada membelinya.

"Saat ini banyak rumah memang mau dijual, jumlahnya ini sekarang banyak dibandingkan dengan yang mau beli," ungkap Clement kepada detikcom, Selasa (6/7/2021).

Dia enggan memukul rata apa pemicunya. Namun, memang di tengah pandemi banyak keperluan yang lebih penting yang mesti dipenuhi makanya rumah mewah pun akhirnya dijual.

"Di tengah kondisi begini memang lebih banyak yang mau jual daripada mau beli. Dari segi faktor kita nggak bisa judge, tetapi kondisi ini mungkin ada orang mau menyisihkan uang untuk keperluan lain gitu," ungkap Clement.

2. Bisnis Pemilik Terpukul

Dia juga menduga bisa saja ada orang yang bisnisnya berkinerja buruk di tengah pandemi, maka menjual rumah mewah jadi pilihan untuk membantu bertahan.

"Kita nggak tahu apa yang terjadi dengan usahanya orang juga kan di tengah pandemi ini, mungkin dia lagi down, jual rumah," ungkapnya.

3. Tak Disewa Ekspatriat

Head of Residential Services Colliers International Indonesia Lenny Sinaga menilai penjualan rumah mewah itu sudah banyak terjadi sejak 2019. Semakin ke sini penjualan rumah bertambah.

Rumah di tahun 2019 belum terjual tapi sudah ada rumah lain yang kemudian menyusul. Maka itu, penjualan rumah mewah terlihat menjamur.

"Mereka sebetulnya mau jual properti sejak sebelum pandemi, sejak 2019. Itu sudah banyak, belum laku, datang lah pandemi, makanya ini jadi kelihatan menjamur," ungkap Lenny.

Menurutnya, rumah mewah ini memang sering disewakan ke ekspatriat juga. Namun kini karena tak banyak lagi yang menyewa makin banyak lah rumah mewah dijual.

"Karena disewa juga ekspat sudah pada pulang, jadi mereka berpikir untuk mencoba menjual rumah rumahnya," kata Lenny.

Simak video 'Detik-detik Rumah Mewah di Lampung Roboh Gegara Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)