d'House Hunter

Berburu Rumah Murah di Ciracas, Berapa Harganya?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 11:12 WIB
TOD LRT Ciracas
Foto: TOD LRT Ciracas (Istimewa)
Jakarta -

Ciracas bisa jadi pilihan jika ingin mencari hunian murah namun masih di Jakarta. Salah satu kelebihan dari kecamatan di wilayah Jakarta Timur ini adalah harganya yang masih terbilang rendah di bandingkan wilayah Jakarta lainnya.

CEO dan Founder Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda menjelaskan, menurut data yang dimilikinya harga tanah di Jakarta Timur masih mengalami kenaikan 3-4% per triwulan. Jauh lebih baik dibandingkan wilayah lain yang malah terjadi koreksi karena sudah terlalu mahal.

"Kalau di Jakarta Selatan dan Pusat malah terjadi koreksi karena harganya terlalu tinggi," ucapnya kepada detikcom.

Jika lebih spesifik harga tanah di Ciracas juga masih lebih murah dibandingkan wilayah lain di Jakarta Timur. Dia mencontohkan di Cakung harga tanah pada 2020 berkisar antara Rp 5-13 juta per meter. Sedangkan di Ciracas masih sekitar Rp 2,3-5,5 juta per meter.

"Bedanya Ciracas bisa lebih murah karena Cakung kan banyak pengembang besar yang masuk, infrastruktur juga sudah lebih dulu," ucapnya.

Kami juga sempat berbincang dengan Budi, salah satu penduduk asli Ciracas. Dia tinggal di Ciracas sudah sejak 1996. Menurutnya harga tanah di Ciracas saat ini berkisar Rp 7 juta per meter.

"Sekarang sekitar Rp 7 jutaan, 10 tahun lalu masih Rp 3 jutaan," ucapnya saat berbincang dengan detikcom.

Meski berbeda dengan dengan data yang dimilikinya, Ali menilai kenaikan harga tanah sebesar Rp 4 juta selama 10 tahun terbilang cukup besar.

Memang untuk mencari rumah tapak baru di Ciracas bisa dibilang hampir tidak mungkin. Tapi detikers bisa mencoba mencari rumah bekas ataupun apartemen.

Lihat juga video 'Ajukan KPR bisa dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]