Tak Cuma Tetangga Raffi Ahmad, Ini Deretan Rumah Mewah yang 'Diobral'

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 12:27 WIB
Rumah-rumah orang kaya atau tajir di kawasan elit seperti Pondok Indah dan Menteng dijual. Begini penampakan rumahnya.
Deretan Rumah Mewah di Pondok Indah-Menteng Diobral/Foto: Sylke Febrina Laucereno/Detikcom
Jakarta -

Belakangan ini muncul fenomena obral rumah mewah. Fenomena penjualan rumah mewah ini tidak hanya terjadi di kawasan elite seperti Pondok Indah dan Menteng, tapi juga terjadi di selatan Jakarta seperti Andara, Jati Baru, Cinere, Depok.

Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Clement Francis membenarkan banyak orang yang mau menjual propertinya. Bahkan lebih banyak orang yang mau menjual rumah daripada membelinya.

Bahkan, mereka sengaja menurunkan harga agar laku lebih cepat. Berikut sejumlah rumah mewah yang ramai dijual:

1. Andara

Salah satunya terjadi di Green Andara Residence, kompleks yang sama dengan Raffi Ahmad atau dikenal dengan Sultan Andara. Julukan Sultan Andara melekat erat di Raffi karena ia disebut memiliki banyak rumah dan tanah di kawasan tersebut.

"Satu komplek dengan rumah Raffi Ahmad dan Gading Marten wow....," tulis penjual dilihat di laman rumah.com.

Sementara itu, penjual lainnya mengklaim rumah yang dijualnya termurah ditambah lokasinya dekat dengan kediaman Sultan Andara.

"Tol Andara, luas tanah 105 meter persegi, luas bangunan 100 meter persegi, harga Rp 1,75 miliar," tulis penjual lainnya.

Rumah itu terdiri dari 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, listrik 2.200, carport 2, serta tersedia taman depan maupun belakang. Adapun legalitasnya adalah Sertifikat Hak Milik (SHM)/ Izin mendirikan Bangunan (IMB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Masih di wilayah Andara, ada pemilik rumah lainnya yang ingin menjual cepat rumahnya dengan harga Rp 2,7 miliar. Rumah itu terdiri dari 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi dengan luas tanah 120 m2 dan luas bangunan 140m2. Fasilitas lain ada carport 1 mobil, sudah ada kitchen set dan interior serta baru selesai renovasi.

Ada dua kawasan lain yang banyak rumah dijual. Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Banyak Orang Tajir Jual Rumah di Pondok Indah-Menteng

[Gambas:Video 20detik]




2. Pondok Indah

Contoh iklan penjualan rumah di kawasan Pondok Indah ini sebelumnya telah ditelusuri detikcom pada Selasa (6/7) lalu. Di beberapa e-commerce properti terdapat sejumlah rumah yang diobral, misalnya di situs Lamudi, ada rumah di Pondok Indah dijual mulai dari harga Rp 15 miliar.

"Turun Harga!!! Jual Cepat Smart Home Semi Furnished di kawasan elit Pondok Indah," bunyi judul tawaran rumah yang dilihat detikcom.

Padahal sebelum pandemi harga rumah di kawasan elite ini bisa menyentuh Rp 50-60 miliar, kini bisa turun ke Rp 30-40 miliar, bahkan lebih rendah lagi.

Selain itu berdasarkan penelusuran detikcom di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, di kawasan elite selatan Jakarta ini beberapa rumah dijual dengan dipasang spanduk lengkap dengan kontak yang bisa dihubungi.

Perjalanan dimulai dari Jalan Kartika Utama, Pondok Indah sampai Sekolah Kencana ada rumah-rumah yang dijual, namun tidak dicantumkan harga dalam spanduk. Bagi yang berminat, bisa langsung menghubungi kontak yang dipasang di spanduk depan rumah yang dijual.

3. Menteng

Berdasarkan penelusuran detikcom di kawasan Menteng beberapa waktu lalu, terdapat juga beberapa rumah mewah yang dijual. Rumah-rumah yang dijual di kawasan Menteng seperti di Jalan Diponegoro, Jalan Syamsu Rizal, hingga Jalan Ki Mangunsarkoro.

Sama seperti di kawasan Pondok Indah, rumah-rumah mewah di Menteng juga dipasang spanduk berisi informasi dijual dan nama sampai kontak marketing properti.

Kondisi rumah yang dijual di kawasan Menteng beragam, ada yang masih rapi dan terawat sehingga layak huni, ada juga yang sudah tidak terawat.

(ara/ara)