Harga Properti Lagi Turun, yang Punya Duit Waktunya Borong Cuy!

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 17:45 WIB
Rumah Murah di Parung Panjang
Foto: Rumah Murah di Parung Panjang (Achamd Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengungkapan, selama kuartal III-2021 sektor properti turut terpukul dan terdampak pandemi COVID-19. Akan tetapi, kondisi tersebut memberi peluang untuk berinvestasi properti saat harga jualnya kini sedang turun.

"Ini sebenarnya momentum kalau investor berpikir jangka panjang, terutama kalau ekspektasi kita adalah setelah..walaupun herd immunity belum terbentuk. Paling nggak kalau sudah lebih terkontrol kasus di negara kita dan PPKM juga bertahap turun level, mobilitas ini akan bertahap meningkatkan penjualan," kata Ferry dalam media briefing secara virtual, Rabu (6/10/2021).

Dia mengungkapkan saat ini juga sudah ada beberapa investor yang ancang-ancang melirik properti khususnya apartemen. "Artinya capital ada tapi memang belum bisa memutuskan sekarang-sekarang ini tapi begitu kondisinya sudah mulai bagus lagi, dana-dana ini kemungkinan bisa mengalir lagi ke sektor apartemen," sambungnya.

Berdasarkan bahan paparannya, ada 2.107 unit baru dari empat proyek apartemen yang diserahterimakan. Total hingga saat ini di Jakarta saja ada 217.085 unit apartemen. Di kuartal IV-2021 diprediksi akan ada tambahan 940 unit apartemen.

Ferry juga menjelaskan, kinerja penjualan apartemen selama pandemi COVID-19 memang kurang menggembirakan. Terlihat dari rental tingkat hunian mengalami koreksi yang cukup dalam, dari tahun 2019-2020 dari 63% menjadi 60%, kemudian sekarang okupansinya 52%.

"Jadi secara umum tidak ada proyek baru, harga sewa juga turun," pungkasnya.

Dari penelusuran detikcom, beberapa e-commerce properti obral apartemen yang terletak di Jakarta Pusat. Misalnya di situs rumah.com ada yang menjual apartemen sekitar Rp 2,85 miliar dengan luas bangunan 62 meter persegi.

"DIJUAL APARTEMEN 3 KAMAR, STRATEGIS, Glamour dan UNIQUE di SUDIRMAN SUITES, SUDIRMAN, JAKARTA PUSAT," tulis iklan itu.

Ada juga yang menjual apartemen seharga Rp 1,1 miliar yang berlokasi di Thamrin Residences. Dari informasi harga tertulis bahwa harga apartemen yang diperjualkan merupakan terendah selama 5 tahun ke belakang.



Simak Video "Biar Cuan Investasi Properti Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)