Riset Bilang, 61% Konsumen Ingin Hunian Dekat Stasiun

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 16:27 WIB
LRT CIty Bekasi
Foto: LRT CIty Bekasi (Istimewa)
Jakarta -

PT Adhi Commuter Properti (ADCP), pengembang properti berbasis transportasi massal pertama dan terbesar di Indonesia, mencatat kelebihan penjualan atau oversold pada salah satu proyeknya, yakni LRT City Bekasi - Eastern Green khususnya untuk tipe studio (Premiere) Standard pada September 2021.

Project Director LRT City Bekasi - Eastern Green, Setya Aji Pramana menyebutkan penjualan unit di LRT City Bekasi - Ever Green tidak terdampak oleh musim pandemi yang telah melanda Indonesia dan dunia selama 2 tahun terakhir.

Setya pun mengungkapkan optimismenya terkait sisa unit lain yang di proyek tersebut yang saat ini juga sudah menipis ketersediaannya. "Melihat respon konsumen, kami sangat optimis pada penjualan LRT City Bekasi - Eastern Green di masa pandemi COVID-19 dapat dilihat dengan oversold nya Unit Tipe Studio (Premiere) Standard kami," ujar Setya.

Konsep pembangunan berbasis transportasi massal yang terintegrasi atau dikenal dengan konsep transit oriented development (TOD) menjadi salah satu daya tarik LRT City Bekasi - Eastern Green yang mengusung tema "Your Smart Move".

Selain itu, secara garis besar, LRT City Bekasi yang terdiri atas Ever Green dan Green Avenue terkoneksi dengan LRT Jatimulya dan exit tol Bekasi Timur yang hanya berjarak 0 kilometer, LRT City Bekasi juga dilengkapi dengan sarana Bus Rapid Transit (BRT) Transjabodetabek yang membuat pilihan sarana transportasi umum lengkap.

Integrasi antara stasiun LRT Jatimulya dengan kawasan mixed use LRT City Bekasi yang terdiri atas area komersil dan area perkantoran diwujudkan lewat kehadiran jembatan penghubung.

LRT City Bekasi - Eastern Green sendiri dilengkapi dengan Green Walk Mall untuk memenuhi kebutuhan penghuni sehari-hari. Green Walk Mall rencana akan dibuka pada Desember 2021 di kawasan LRT City Bekasi Eastern Green.

Kinerja positif LRT City Bekasi yang didukung konsep TOD ini sejalan dengan riset yang dilakukan oleh inventura yang menemukan bahwa 61% konsumen menginginkan pengembang untuk mempertimbangkan akses transportasi publik dalam perencanaannya. Saat ini, dibandingkan jarak tempuh, waktu tempuh dari lokasi properti menjadi pertimbangan utama para konsumen saat ini.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Pemasaran ADCP Indra Syahruzza menyebutkan, hal lain yang menjadi penopang kinerja penjualan perusahaan adalah kehadiran dukungan pemerintah melalui kebijakan perpanjangan Program Insentif PPN hingga Desember 2021, yang terlampir pada PMK No. 103 atas rumah tapak dan rumah susun.

Kebijakan tersebut tekah mendorong kinerja sektor properti di tengah pandemi dengan multiplier effect lebih dari 170 subsektor industri padat kerja.

"Kita berharap insentif PPN tersebut mampu memberikan stimulus peningkatan pasar properti sekaligus menggerakkan roda perekonomian nasional," ungkap Indra Syahruzza.

Terlepas dari kedua faktor pendukung di atas, LRT City Bekasi - Eastern Green juga menawarkan sejumlah promo seperti DP 0%, Paket Wisata ke Bali, Promo 3 juta-an selama 3 tahun, Garansi Sewa dan bebas furnitur.

LRT City merupakan salah satu perwujudan komitmen PT. Adhi Commuter Properti (ADCP) untuk mengembangkan kawasan dengan konsep yang mengintegrasikan hunian dengan sarana transportasi. ADCP juga memiliki 10 proyek LRT City lainnya yang tersebar di area Jabodetabek seperti LRT City Bekasi - Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas, LRT City Cibubur, LRT City Sentul, Adhi City Sentul, Grand Central Bogor - Member of LRT City, Cisauk Point - Member of LRT City, dan Oase Park - Member of LRT City.

Untuk diketahui, transportasi massal light rapid transit (LRT) Jabodebek direncanakan akan mulai beroperasi pada Juni 2022. Setiap LRT akan dilengkapi 3 gerbong yang dapat memuat hingga 400 penumpang atau setara dengan muatan 177 mobil. Total panjang jalur LRT mencapai 68,1 km dengan waktu kedatangan kereta dirancang setiap 3 menit, ketika sudah beroperasi secara komersial.

(dna/dna)