d'House Hunter

Lagi Cari Rumah Deket Sama Jakarta, Coba ke Brigif dan Cinere!

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 10:02 WIB
Aulia Damayanti/dHouse Hunter
Foto: Aulia Damayanti/d'House Hunter
Jakarta -

Buat yang sedang mencari-cari rumah, daerah pinggiran Jakarta sebelah selatan bisa jadi pilihan. Salah satunya adalah daerah Brigif dan Cinere.

Daerah Brigif dan Cinere merupakan dua kawasan yang berbeda tetapi berdekatan. Brigif sendiri merupakan nama jalan di dekat pintu masuk dan keluar Jalan Tol Desari. Kawasannya masih masuk kawasan Jakarta Selatan. Sedangkan Cinere masuk kawasan Depok.

Tim d'house hunter detikcom menelusuri dua kawasan tersebut. Berdasarkan penelusuran, cukup strategis karena berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Depok. Transportasi umum seperti MRT dan KRL juga dekat.

Dibutuhkan waktu sekitar 25 sampai 30 menit dari Cinere ke MRT Lebak Bulus dan MRT Fatmawati. Sementara Brigif lebih dekat yaitu hanya 15-20 menit.

Selain itu, Brigif dekat juga dengan sejumlah stasiun KRL, yakni Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Universitas Pancasila. Wqaktu tempuhnya berkisar 25-30 menit.

"Di sini enaknya ya dekat tol sekarang, stasiun juga nggak jauh. KRL lebih dekat sih dibandingkan MRT. Meski kurangnya karena jalannya masih kecil jadi macet banget," kata Nila, salah seorang warga Jagakarsa yang letak rumah dekat dengan kawasan Brigif, kepada detikcom.

Sementara salah satu warga bernama Agus yang sudah tinggal lama di Cinere mengungkap kini kawasan Cinere itu sudah lebih baik. Mengingat sebagian jalannya sudah perlahan lebar dibandingkan dulu.

"Kalau saya di Cinere, Limo 20 tahun, dulu ya jalannya di sini sempit banget 20 tahun yang lalu. Mulai sekitar 2005-2006 itu sudah mulai ramai," katanya.

Namun, karena terkena terkena pembebasan lahan di kawasan Cinere Limo untuk Tol Cinere-Jagorawi. Kini Agus pindah, namun masih di kawasan Cinere juga.

"Pada 2005 itu sudah kena isu tol di Cinere, Limo. Akhirnya baru digusur 2021 ini," jelasnya.

Kawasan Cinere dan Brigif juga masih berakses sejumlah angkot yang lalu lalang. Untuk Cinere, masih terakses angkot salah satunya dari Terminal Depok hingga Mall Cinere.

Untuk di Brigif, terakses jumlah angkot di Jalan Jagakarsa, misalnya angkot rute Ciganjur hingga Terminal Pasar Minggu.



Simak Video "Beli Rumah Seharga Satu Piring Nasi Goreng, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)