RI Bisa Belajar dari AS-Jepang yang Sukses Bangun TOD

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 21 Nov 2021 16:30 WIB
TOD
RI Bisa Belajar dari AS-Jepang yang Sukses Bangun TOD
Jakarta -

Konsep hunian nempel stasiun atau transit oriented development (TOD) makin ngetren, beriringan dengan mobilitas masyarakat ingin makin cepat. Indonesia sendiri juga tengah membangun proyek tersebut.

Indonesia bisa belajar dengan mencontoh negara lain yang sudah sejak lama dan sukses membangun TOD di negaranya. Misal seperti Amerika Serikat, dari salah satu pengembang TOD di AS, Maryland menyebut pihaknya sudah hunian nempel stasiun sejak 1970 an.

Dikutip dari laman resminya, maryland.com konsep TOD yang digunakan di AS bukan hanya sekedar dekat dengan transit. Namun, sebisa mungkin dibangun dengan menciptakan masyarakat yang penuh dengan pejalan kaki.

Maryland inilah yang membangun kawasan TOD di Arlington County, Virginia, Amerika Serikat. Pembangunan pertama, sekitar lima stasiun Washington Metro Orange Line di sepanjang Koridor Rosslyn-Ballston mencontohkan keberhasilan upaya TOD County.

Sementara update terbarunya,pemerintah Amerika Serikat memfokuskan untuk berkonsentrasi pada pengembangan area sejauh 400 - 800 m di sekitar Stasiun Washington Metro dan jalur bus padat penumpang.

Selain AS, ada juga proyek TOD Minato Mirai di Jepang. Minato Mirai merupakan sebuah proyek pembangunan kawasan kota modern di Naka-ku, Yokohama, Jepang.

Proyek itu pun dibangun oleh Urban Renaissance (UR) Agency, sebuah organisasi semi Pemerintah di bawah Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLITT) Jepang yang memiliki spesialisasi untuk membangun perumahan dan kawasan di Jepang.

Lanjut ke halaman berikutnya.