Jadi Pilot Project Bekasi, TOD Tak Sebatas Hunian Nempel Stasiun

Dana Aditiasari - detikFinance
Minggu, 21 Nov 2021 15:01 WIB
TOD
Bambang Sumargono (Presiden Direktur URBN), Yongky Wijaya (Komisaris Utama URBN), Dr. H. Rahmat Effendi (Walikota Bekasi) didampingi pejabat pemkot lainnya saat penandatanganan kerjasama dalam penyediaan sarana prasarana TOD Caman, Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah terus mendorong pemanfaatan lahan di kawasan perkotaan dengan mengintegrasikan hunian dengan sarana transportasi atau transit oriented development (TOD). Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menekankan untuk pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran (mixed use) dan maksimalisasi penggunaan transportasi publik seperti KRL, MRT, maupun LRT.

Konsep TOD juga telah masuk dalam rencana strategis pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk program kerja 2020-2024 dan telah dijadikan sebagai salah satu proyek strategis nasional. Karena itu seluruh stakeholder didorong untuk pengembangan konsep hunian modern perkotaan masa depan.

Salah satu wilayah yang serius dalam pengembangan konsep TOD adalah kawasan penyangga ibukota Jakarta yaitu Bekasi. Dari beberapa pengembangan kawasan TOD di Bekasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menandatangani kerja sama dengan TOD Caman yaitu Urban Suites di Jatibening, Bekasi, yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Cikunir 1 di perbatasan wilayah Jakarta.

Menurut Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Pemkot Bekasi, Urban Suites menjadi pilot project percontohan TOD di Bekasi dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Perjanjian kerja sama antara Pemkok Bekasi dan PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN) selaku pengembang Urban Suites juga telah dilaksanakan pada 11 November 2021.

"Ini merupakan program strategis nasional makanya kami ikut aktif untuk pengembangan konsep TOD yang mengintegrasikan jalur LRT di kawasan Bekasi. Kami sendiri telah melakukan kajian sebagai tindak lanjut dari TOD yang terintegrasi LRT ini dengan Urban Suites sebagai pilot projek-nya," ujarnya.

Untuk itu Pemkot Bekasi akan memberikan dukungan penuh untuk pengembangan proyek TOD Urban Suites terlebih lokasinya yang berada di exit tol Jatibening dan berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta. Salah satu dukungan pemkot antara lain jalur pedestrian plus halte untuk memudahkan pengguna LRT, lay bay (jalur pemberhentian sementara kendaraan), jalur sepeda, dan sebagainya untuk kelancaran kawasan TOD Caman, Urban Suites.

Hal ini tentunya menjadikan proyek TOD Urban Suites menjadi lebih spesial terlebih dengan integrasi langsung (0 meter) yang dihubungkan dengan skybridge antara tower apartemen dengan Stasiun LRT.

Bagaimana rinciannya? Buka halaman selanjutnya.