Aset Eks BLBI Rp 492 M Dihibahkan ke Pemkot Bogor-K/L, Ini Rinciannya

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 25 Nov 2021 12:42 WIB
Jakarta -

Pemerintah melakukan penandatanganan hibah aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) kepada Pemerintah Kota Bogor dan tujuh kementerian dan lembaga (K/L). Total bangunan dan tanah yang dihibahkan seluas 426.605 m2 dengan total nilai Rp 492,2 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md berpesan kepada penerima hibah agar langsung digarap menjadi sebuah bangunan publik yang bermanfaat. Hal itu dikatakan Mahfud agar tanah tersebut jangan sampai terlantar.

"Kepada yang mendapatkan hibah, tolong tanah-tanah itu segera digarap sesuai dengan tujuannya. Jangan sampai terlantar kalau istilah Bu Menteri Keuangan tadi dimiliki tidak digarap nanti diserobot orang lagi dan itu banyak terjadi," kata Mahfud dalam Live Seremoni Serah Terima Aset Eks BLBI, Kamis (25/11/2021).

Dalam kesempatan yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan, hal yang sama agar pengelolaan aset hibah BLBI ini jangan sampai menjadi tanah liar dan bisa diambil oleh berbagai pihak.

"Oleh karena itu sekarang ini mulai didiskusikan aset yang sudah diambil alih saya minta Direktorat Jenderal Kekayaan Negara langsung memikirkan aset tersebut mau dimanfaatkan jadi apa. Karena kan lebih bagus dimanfaatkan yang berdampak ke masyarakat, ekonomi dan membuat kesempatan kerja," tuturnya.

Aset apa saja yang dihibahkan? Cek halaman berikutnya.