Ada yang Mulai Lirik-lirik Tanah Virtual, Buat Konser hingga Fashion Show

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 15:10 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Ilustrasi Dunia Virtual ala Metaverse (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Metaverse ala dunia virtual 'The Matrix' kian ramai. Orang-orang berduit pun mulai membeli tanah virtual di metaverse. Salah satunya digunakan untuk mengadakan konser virtual.

Justin Bieber pada 18 November 2021 lalu menggelar konser virtual. Dia bermitra dengan perusahaan hiburan virtual Wave untuk membawa penggemar ke dalam dunianya dengan Justin Bieber. Demikian disadur detikcom dari EW, Kamis (6/1/2022).

Teknologi Wave juga memungkinkan penonton mendapatkan kesempatan untuk tampil langsung di atas panggung bersama penyanyi selama momen-momen khusus penggemar dan memengaruhi penampilan dan lingkungannya secara real time.

Mengutip Futurism, Meta yang sebelumnya bernama Facebook juga telah melangsungkan serangkaian konser virtual sejumlah artis ternama dunia yang berlangsung sepenuhnya di metaverse Horizon Venues bulan lalu.

Lineup bertabur bintang termasuk rapper Young Thug pada 26 Desember, DJ David Guetta pada 31 Desember, dan akhirnya duo EDM The Chainsmokers untuk konser Malam Tahun Baru yang digelar pada 2022.

Sayangnya tidak banyak orang yang memperhatikan konser virtual tersebut. Meskipun gratis, konser tersebut tampaknya hanya mendapat sedikit daya tarik atau pemberitahuan dari siapa pun di luar kantor Meta. Hampir tidak ada penyebutan pertunjukan di platform media sosial seperti Twitter atau bahkan Facebook, apalagi di publikasi berita dan musik.

Tak hanya konser, dunia metaverse juga diramaikan oleh gelaran peragaan busana (fashion show). Dikutip dari The Fashion Law, Platform Metaverse Decentraland mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan empat hari kegiatan fashion show yang diramaikan dengan berbagai acara lainnya.

Rencana itu dilaksanakan pada Maret 2022 bekerja sama dengan pasar mewah yang diselenggarakan oleh Polygon blockchain UNXD, perusahaan yang baru-baru ini menjadi tuan rumah untuk koleksi pakaian NFT pertama Dolce & Gabbana.

Decentraland menyampaikan acara yang akan berlangsung antara 24 dan 27 Maret itu akan memungkinkan konsumen membeli pakaian dan aksesoris virtual untuk avatar online mereka.

(toy/dna)