ADVERTISEMENT

d'House Hunter

Lengkap! Ini Dia Deretan Fasilitas Penunjang Hidup di Sawangan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 09 Jan 2022 19:00 WIB
dHouse Hunter Sawangan New Royal Residence
Foto: d'House Hunter Sawangan/Herdi Alif Alhikam
Jakarta -

Lagi cari rumah dengan posisi yang strategis? Sawangan bisa jadi pilihannya. Kawasan ini diapit dua pintu tol dan juga dekat dari jaringan KRL Commuter Line.

Bukan cuma strategis aksesnya saja, Sawangan juga berkembang dengan sangat pesat. Apapun sudah ada di Sawangan, bila mau tinggal di sini tak usah takut kesulitan cari fasilitas-fasilitas dasar macam fasilitas kesehatan hingga pendidikan.

Dari penelusuran yang dilakukan detikcom, untuk fasilitas kesehatan saja, RSUD Depok adanya di Sawangan. Rumah sakit itu merupakan rumah sakit umum dan besar bagi warga Depok. Sederet Puskesmas juga tersebar di Sawangan.

Itu baru yang dikelola pemerintah, masih ada sederet rumah sakit swasta yang berada di Sawangan. Mulai dari RS Permata, RS Brawijaya, RSIA As-Syifa Medical Center, hingga RS Bhakti Yudha. Sederet klinik 24 jam juga sudah banyak tersebar di Sawangan.

Untuk sarana pendidikan pun lengkap di Sawangan mulai dari TK hingga SMA tersedia. Baik yang negeri, swasta, hingga yang bertaraf internasional. Beberapa sekolah elit yang di Sawangan misalnya saja SMA Lazuardi Global Compassionate School.

Bahkan, untuk pendidikan tinggi pun ada di dekat Sawangan. Paling dekat adalah Universitas Indonesia yang terletak di sekitaran Margonda. Dari Sawangan cuma sekitar 30 menit.

Bila mau ke pasar besar untuk belanja kebutuhan sehari-hari, paling dekat bisa menuju ke Pasar Parung. Cuma 15 menitan dari Sawangan. Namun, beberapa pasar kecil ataupun tukang sayur yang berkeliling ataupun menggunakan lapak pun sudah banyak di Sawangan.

Nah kalau mau happy-happy main ke mal, Sawangan baru saja punya ikon baru, yaitu mal The Park Sawangan yang belum lama ini dibuka. Di sisi lain, masih ada beberapa pusat belanja besar di Sawangan, Depok Town Center misalnya.

Ataupun kalau mau jalan jauh sedikit, bisa saja datang ke pusat kota Depok, Margonda. Di sana sederet mal dan pusat belanja bisa ditemui, ada D'Mall Depok, Margo City, Depok Town Square, dan sebagainya.

Dari segi fasilitas memang lengkap, cuma yang kurang adalah jalan utama Sawangan yang cenderung masih terlalu kecil. Jalan ini nampak tak mampu menahan kapasitas lalu lintas yang ada, jadi setiap hari kemacetan memang tak terhindarkan.

Belum lagi jalan-jalan menuju kelurahan yang berada di dalam yang ada di Sawangan juga masih sempit dan beberapa ada yang mengalami banyak kerusakan. Misalnya, jalan-jalan menuju kawasan Pasir Putih, Bedahan, ataupun Pengasinan.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT