Plus Minus Sawangan: Macet Banget, Untung Dekat Stasiun-Tol

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 09 Jan 2022 21:01 WIB
dHouse Hunter Sawangan/Herdi Alif Alhikam
Foto: d'House Hunter Sawangan/Herdi Alif Alhikam
Jakarta -

Mau cari hunian dengan posisi strategis di Depok? Sawangan jadi salah satunya. Salah satu kecamatan yang besar di Depok ini bisa dibilang memiliki posisi yang strategis karena dekat ke mana-mana.

Kalau dilihat posisinya, Sawangan saat ini diapit oleh dua jaringan jalan tol. Belum lagi sederet sarana transportasi umum juga bisa dijangkau dengan mudah dan cepat dari Sawangan.

Meski begitu, Sawangan ternyata tak sesempurna kelihatannya. Ada poin plus, ada juga poin minusnya. Kawasan yang strategis untuk dijangkau jadi nilai plusnya, namun nilainya minusnya juga ada.

Menurut Dani, warga Sawangan yang tinggal di sekitar Pengasinan mengatakan kemacetan yang terjadi setiap hari menjadi poin minus buat Sawangan. Dia mengatakan bila ingin tinggal di Sawangan harus siap untuk berjibaku di jalan setiap hari.

"Kemacetan Sawangan ini jadi masalah besar buat orang yang tinggal di sini. Kalau mau tinggal di sini ya harus siap berjuang di jalan, capek setiap hari, untung aja sekarang ada WFH jadi jarang ngantor," ungkap Dani kepada detikcom.

Meski begitu Dani mengatakan memang sebagai sebuah hunian, hidup di Sawangan menyenangkan. Lingkungan yang masih belum terlalu ramai menjadi nilai plusnya.

"Kalau mau ngomongin nilai plus, ya dekat memang ke mana-mana. Tapi enaknya lagi di sini masih sepi, setahu saya sih kalau daerah Pengasinan, Bedahan, Pasir Putih, itu masih banyak lah hijaunya, buat tinggal tuh enak," ungkap Dani.

Bukan cuma Dani, Fandi warga Sawangan yang lainnya juga mengaku cukup sebal dengan kemacetan yang ada di Sawangan. Menurutnya, kapasitas jalan di Sawangan sebetulnya harus ditambah. Menurutnya ini adalah masalah serius.

"Itu Sawangan emang harusnya ditambah lagi jalannya dilebarin, macet banget kacau kalau pagi sama sore, minus banget deh. Ada pintu tol juga jadi tambah macet, karena kan jadi tambah lampu merah," kata Fandi.

Dia bilang Sawangan merupakan tempat tinggal yang sangat nyaman dan bikin betah. Cuma masalah macet benar-benar mencoreng wajah Sawangan.

"Wah di sini sebenarnya enak, nyaman, ke mana-mana dekat. Nggak kampung-kampung banget juga, apa-apa ada. Cuma macet ini yang ampun banget harus diatasi. Jalan yang harusnya 10 menit bisa 30 menit sendiri," kata Fandi.

Dari penelusuran detikcom, bisa dibilang dari segi fasilitas Sawangan memang lengkap, semuanya ada dan bisa dijangkau dengan mudah. Posisi Sawangan pun sangat pas, tak jauh-jauh sekali dari pusat ibu kota, apalagi dengan jalan tol dan sarana transportasi pendukung lainnya yang bisa dijangkau dari Sawangan bisa mempercepat waktu tempuh.

Cuma memang yang kurang adalah jalan utama Sawangan yang cenderung masih terlalu kecil. Sementara itu kapasitas kendaraan terus bertambah. Memang Jalan Sawangan sendiri menjadi jalan utama penghubung kendaraan dari arah Parung dan Bogor menuju pusat Depok.

Karena jalan yang tak mampu menahan kapasitas lalu lintas yang ada, jadi setiap hari kepadatan dan kemacetan memang tak terhindarkan.

(hal/dna)