Ternyata... Ini Dia Daerah Rujukan Pembangunan Ibu Kota Baru

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 19:20 WIB
Taman Kota 2 BSD
Foto: dok. Apartemen Alam Sutera
Jakarta -

Persiapan ibu kota negara (IKN) terus dilakukan pemerintah. Panitia Khusus RUU IKN dari DPR pun mulai melakukan serangkaian peninjauan lapangan. Mulai besok, Pansus akan meninjau langsung area ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Bukan cuma ke Kaltim saja, Wakil Ketua Pansus RUU IKN Saan Mustopa mengatakan Pansus juga bakal melakukan peninjauan langsung ke BSD hingga Alam Sutera.

"Besok sampai hari Minggu, Pansus akan melakukan peninjauan ke lapangan. Pansus akan ke Kalimantan Timur ke titik lokasi IKN dan ke BSD, Alam Sutera hari Minggu tanggal 16," jelas Saan saat memimpin rapat Pansus IKN DPR, Kamis (13/1/2022).

Kabarnya, dua kawasan terpadu di dekat Jakarta itu bakal jadi contoh untuk ibu kota negara baru. Ketua Pansus RUU IKN Ahmad Doli Kurnia mengatakan pemerintah memang meminta kepada Pansus DPR punya bayangan soal kota baru yang mau dibangun jadi IKN.

"Pemerintah mengusulkan supaya memang Pansus juga mempunyai bayangan terhadap kota yang mau dibangun itu. Apalagi, kita nanti sudah mau bicara soal master plan, itu nanti terkait dengan itu. Kemudian kita juga akan berkunjung pada hari minggu ke BSD dan Alam Sutera," kata Ahmad Doli.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR juga sudah melakukan peninjauan langsung ke luar negeri demi melancarkan persiapan pembangunan IKN. Kementerian PPN/Bappenas dan lima anggota Pansus RUU IKN awal tahun ini melakukan studi banding langsung ke Kazakhstan.

Studi banding tersebut dilakukan ke Kazakhstan karena negara tersebut sudah lebih dahulu pernah melakukan pemindahan ibu kota negara. Negara itu sukses memindahkan ibu kota baru dari Almaty ke Astana yang kini berganti nama menjadi Nur-Sultan.

"Bahwa untuk studi banding Kazakhstan itu adalah permintaan pemerintah ke DPR. Clear, ya, harus jelas, ya. Bukan keinginan DPR," kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

(hal/dna)