Rumah 'Sultan' di Jakarta Harganya Makin Jeblok, Kok Bisa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 16 Jan 2022 15:30 WIB
Rumah Mewah Punya Orang Kaya Banyak Dijual
Foto: Rumah Mewah Punya Orang Kaya Banyak Dijual (Denny Pratama/detikcom)

Makanya saat itu banyak rumah mewah pun akhirnya dijual. Tawaran rumah mewah bekas bermunculan. Banyak pemilik rumah menjual dengan harga yang murah agar cepat laku.

"Di tengah kondisi begini memang lebih banyak yang mau jual daripada mau beli. Dari segi faktor kita nggak bisa judge, tetapi kondisi ini mungkin ada orang mau menyisikan uang untuk keperluan lain gitu," ungkap Clement kepada detikcom, Selasa (6/7/2021) silam.

Semurah apa sih harga rumah para sultan saat ini? Dalam penelusuran detikcom lewat beberapa platform properti online, memang banyak ditemui rumah yang dijual dengan harga yang miring.

Salah satu tawaran rumah mewah di Pondok Indah yang ditemui di laman rumah123.com, disebutkan ada rumah mewah harganya sebesar Rp 17,5 miliar. Dalam deskripsi tawaran tersebut disebutkan rumah itu sebenarnya dijual dengan harga Rp 20 miliar, namun turun harga. Itu pun masih bisa nego harganya.

"Rumah mewah dijual dengan lokasi premium dan prestisius di Pondok Indah. Turun harga Rp 20 miliar jadi Rp 17,5 miliar. Bisa nego," tulis deskripsi penawaran itu. Rumah itu memiliki luas tanah 377 meter persegi dan bangunan seluas 550 meter persegi berbentuk dua lantai.

Beralih ke website Lamudi, ditemukan penawaran rumah senilai Rp 17,9 miliar di kawasan Pondok Indah. Rumah itu memiliki luas bangunan 600 meter persegi berbentuk dua lantai, dan luas tanah 468 meter persegi. Dalam deskripsinya rumah ini disebut sebagai rumah bekas yang sudah tua.

"Rumah tua, hitung tanah, bonus rumah. Lokasi nyaman di Pondok Indah. Dekat ke PIM. Lokasi nyaman dan asri, premium," tulis deskripsi tawaran tersebut.


(hal/dna)