ADVERTISEMENT

d'House Hunter

Investasi Apartemen Nyicilnya Ada yang Bantuin, Emang Bisa?

Dana Aditiasari - detikFinance
Minggu, 16 Jan 2022 19:59 WIB
Pengembangan Kawasan TOD di Bekasi
Foto: Pengembangan Kawasan TOD di Bekasi (Istimewa)
Jakarta -

Sektor properti disebut akan melanjutkan tren peningkatan kinerja bisnisnya seiring penanganan pandemi COVID-19 yang makin baik dan program vaksinasi yang terus meningkat. Penjualan unit apartemen misalnya, sejak kuartal 2021 lalu terus menunjukkan peningkatan dan tahun 2022 ini disebut akan lebih baik situasinya dibandingkan tahun 2021.

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia (CII), kinerja apartemen terus melanjutkan tren yang baik sejak tahun 2020.

"Pada kuartal terakhir 2021 penyerapan unit apartemen mencapai 87,52 persen. Kondisi yang terus membaik ini membuat kalangan pengembang makin confident untuk menaikkan tingkat harga yang selama pandemi sempat stagnan," ujarnya.

Tetapi di sisi lain, Ferry menjelaskan, tingkat pengembalian investasi apartemen (yield) juga terus menurun. Penurunan itu terlihat dari nilai rata-rata yield apartemen dari 10,2 persen menjadi 5 persen sehingga perlu disiasati.

Situasi ini dimanfaatkan oleh PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN), pengembang proyek transit oriented development (TOD) Urban Suites di Jalan Caman Raya, Jatibening, Bekasi. Saat ini ada berbagai promo yang akan memudahkan konsumen untuk membeli maupun menjadikan unit apartemennya menjadi instrumen investasi yang sangat menarik.

Menurut Firdaus Fahmi, Direktur Marketing URBN, Urban Suites menawarkan gratis perabotan (furnished) dan telah menggandeng PT Mulia Jaya Properti (MJPro) untuk mengelola unit yang dimiliki konsumen. MJPro merupakan perusahan di bidang property services yang akan membantu owner untuk unitnya dijadikan instrumen investasi yang sangat menguntungkan.

"Unit apartemen Urban Suites tipe studio (27,5 m2) bisa dibeli seharga Rp650 juta dan dengan rental guarantee dari MJPro bisa mendapatkan imbal hasil 16 persen untuk dua tahun pertama senilai Rp104 juta. Jadi saat serah terima nanti dengan unit yang sudah fully furnished, unit kita langsung disewa oleh MJPro dengan rental yield 16 persen (8 persen setahun)," terangnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Bila dibandingkan dengan instrumen aset lainnya seperti deposito bank yang hanya di kisaran 2,5-3 persen, ORI020 di 4,95 persen, atau dibandingkan dengan yield mayoritas apartemen yang mengalami stagnan di 5 persen, promo Urban Suites ini cukup safe haven bagi para investor.

Optimisme dengan memberikan rental guarantee 16 persen ini tidak terlepas dari lokasi hingga konsep pengembangan Urban Suites. Kawasannya terintegrasi dengan sarana Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabotabek yang akan beroperasi pertengahan tahun ini. Konsep pengembangannya menyajikan berbagai fungsi properti atau mixed use yang mencakup apartemen, mal, perkantoran, hotel berbintang, dan sebagainya. Informasi seputar kawasannya bisa dilihat di www.urbansuites.co.id.

Dari konsep mixed use maupun traffic penggna LRT yang akan terus meningkat, situasi ini menjadi jaminan untuk captive market yang besar sementara unit yang dipasarkan sangat terbatas. Hal ini membuat situasi menjadi lebih besar permintaan dibandingkan suplai yang tersedia dan itulah yang membuat MJPro confident memberikan rental guarantee hingga 16 persen.

Menurut Mutia S. Direktur Operasional MJPro, investasi pada produk properti khususnya apartemen tentu ada plus-minusnya. Bisnis rental apartemen sendiri memiliki tantangan maupun potensinya sendiri dan ada banyak faktor yang memengaruhi supaya unit apartemen bisa tersewa dengan cepat dan sustain.

"Kita juga tidak menutup mata kalau kenaikan harga (capital gain) unit apartemen tidak terlalu tinggi tapi di sisi lain ada potensi rental yield yang besar dengan adanya demand generator yaitu kawasan mixed use, TOD, hingga traffic pengguna LRT dan pengunjung mal. Hal inilah yang membuat unit apartemen Urban Suites menjadi produk investasi yang menarik karena ada banyak faktor pendukung itu untuk menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan," jelasnya.

Berbagai potensi keuntungan lainnya bisa dilihat di Instagram @urbansuites.co.id. Dengan unit yang telah dijamin sewanya, owner akan memiliki passive income dengan nilai yang jauh lebih besar dibandingkan bunga deposito maupun investasi lainnya.

(dna/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT