d'House Hunter

Kerja di Jakarta Beli Rumah di Cimanggis, Apa Saja Aksesnya?

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 17:15 WIB
dHouse Hunter Cimanggis (Aulia Damayanti-detikcom)
Foto: d'House Hunter Cimanggis (Aulia Damayanti-detikcom)
Jakarta -

Kali ini tim d'House Hunter menyusuri wilayah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Wilayah ini cukup strategis, meski masuk wilayah Depok tetapi akses untuk ke Jakarta cukup memadai.

Akses utama Cimanggis menuju Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok hingga Bogor salah satunya dengan Jalan Raya Bogor. Jalan raya itu memang terbentang sangat panjang dari Jakarta.

Jalan Raya Jakarta-Bogor yang mengular sepanjang 45 km. Bahkan melewati 2 provinsi, 3 kotamadya serta 1 kabupaten yakni Jakarta Timur, Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Jadi tidak heran, jalan raya itu masih menjadi rute favorit warga Jakarta dan sekitarnya.

Akses jalan tolnya juga memadai, mulai dari Tol Cijago, Tol Cisalak, Tol Cimanggis, dan karena wilayahnya juga mepet Cibubur, maka dekat juga dengan Gerbang Tol Cibubur.

Untuk stasiun KRL, cukup dekat dengan Stasiun Pondok Cina, Stasiun Universitas Indonesia, hingga Stasiun Depok Baru. Jarak dengan kendaraan pribadi kurang lebih 15.-20 menit.

Salah satu Marketing dari Paradice Land, Ritma mengatakan, kawasan Cimanggis ini memang cukup strategis, apa lagi diapit banyak akses jalan tol. Meski demikian, menurutnya di jam-jam sibuk jalan utama Cimanggis seperti Jalan Raya Bogor pada jam sibuk pasti terjadi kemacetan.

"Apa lagi juga kalau Sabtu-Minggu di sejumlah lampu merah perempatan, itu pasti macet sekali. Jadi jangan ke mana mana kalau Sabtu-Minggu," katanya kepada tim d'House Hunter.

Berdasarkan pantauan tim d'House Hunter. Memang pada jalan raya bogor tersebut cukup padat jika di jam-jam sibuk. Saat pagi hari, masih lumayan lengah. Namun saat jam pulang kerja sekitar jam 16.00 atau 17.00 jalan raya sudah terpantau sangat padat.

Misalnya saja di jalan raya bogor dekat dengan Pasar Cisalak, pada jam pulang kerja sudah terjadi kemacetan yang cukup panjang lebih dari 2 km. Hal ini disebabkan karena tersendat lampu merah ditambah lagi banyaknya volume kendaraan dari arah Jakarta dan Depok.

Adapun keunggulan lain dari wilayah Cimanggis, masih banyak ditemukan angkutan kota (angkot) yang mengakses berbagai jurusan. Bahkan masih banyak juga masyarakat yang menggunakan angkot untuk bepergian. Terpantau sejumlah angkot kerap penuh penumpang.

(dna/dna)