Tugas Erick ke BTN Perkuat Ekosistem Perumahan RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 20:12 WIB
KPR
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta -

Menyambut tahun 2022, PT Bank Tabungan Negara (Persero ) Tbk (BTN) menggelar Rapat Kerja 2022 untuk menetapkan inisiatif, strategi dan target-target perseroan menghadapi tahun 2022.

Pada Raker yang dibuka oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tersebut, Bank BTN diberikan mandat oleh Kementerian BUMN agar menjadi solusi perumahan bagi masyarakat Indonesia.

Dalam sambutannya, Erick Thohir menjelaskan bahwa BUMN harus melakukan tranformasi besar-besar karena BUMN menyandang sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia. Hal tersebut merupakan faktor yang sangat amat penting karena dapat menjaga keseimbangan ekonomi dan faktor yang bisa mengintervensi jika terjadi ketidakseimbangan.

Ketidakseimbangan yang dimaksud Erick terjadi sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang memicu kesenjangan sosial di masyarakat sehingga BUMN harus mengambil peran sebagai penyeimbang.

Untuk sektor perumahan, sebagai penyeimbang, Erick mendorong BTN memperluas ekosistem perumahan dengan bersinergi bersama BUMN lain dan swasta.

"BTN harus berani merajut saudara-saudara yang ada di BUMN tapi juga merajut para pemain swasta ataupun yang melibatkan juga turunan daripada ekosistem daripada perumahan dan ekosistem perumahan ini lebar ada semen, besi, cat, furniture, ini luar biasa kalau kita bisa memberikan solusi, seperti super apps, ada solusi, ini positif," kata Erick saat membuka Raker BTN 2022 di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Erick juga mengapresiasi rencana Bank BTN yang bersedia melakukan sinkronisasi dengan Kementerian BUMN untuk mempelajari smart city dalam pembangunan kota masa depan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.