Ekonomis, Bekal Jokowi Kemah di IKN Nusantara Mi Instan dan Nasi Goreng

ADVERTISEMENT

Ekonomis, Bekal Jokowi Kemah di IKN Nusantara Mi Instan dan Nasi Goreng

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 14 Mar 2022 16:46 WIB
Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Presiden Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantara. ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/aww.
Jokowi ke IKN Nusantara/Foto: ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto
Jakarta -

Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama gubernur dari 34 provinsi telah berkunjung ke titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara untuk melakukan prosesi penyatuan tanah dan air. Pasca-prosesi tersebut, dia menegaskan pembangunan IKN Nusantara akan segera dimulai.

"Pada hari ini, Senin 14 Maret tahun 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam sambutannya dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Adapun setelah upacara tersebut selesai, Presiden Jokowi akan tetap berada di kawasan titik nol IKN ini untuk berkemah. Sejumlah perlengkapan pun telah disiapkan untuk kebutuhan Jokowi berkemah di IKN Nusantara, termasuk dapur umum yang didirikan di sekitar lokasi kemah.

"Dapur umum biasa, kompor gas," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Meski kemah ini disiapkan untuk presiden, namun pihak Istana hanya menyediakan makanan-makanan yang lebih mudah untuk dimasak selama berkemah di IKN Nusantara. Dua di antaranya mi instan dan nasi goreng. "Iya betul disiapkan yang mudah dimasak, nasi goreng," ujar Heru.

Jokowi sendiri ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi berkemah di IKN Nusantara. Ada juga sejumlah menteri yang mendampingi mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Seskab Pramono Anung.

Sementara itu, dari deretan gubernur yang ikut prosesi penyatuan tanah dan air, hanya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang ikut berkemah. Gubernur lainnya kembali ke daerah masing-masing.

"Hanya Gubernur Kaltim saja yang menginap bersama Kepala dan Wakil Kepala IKN," kata Heru.

Heru lantas menjelaskan alasan tidak semua gubernur ikut berkemah. Faktor keterbatasan tempat menjadi pertimbangan utama. "Terbatas lahan dan sarana kaya air dan lain-lain," ujar Heru.

Jokowi sebelumnya mengunggah penampakan tenda tempat menginap di IKN Nusantara malam nanti. Tenda itu tepatnya berada di kawasan titik nol kilometer IKN.



Simak Video "Jokowi Ajak Pengusaha Investasi di IKN: Mau di Mana? Sebelah mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT