d'House Hunter

Kerja di Jakarta Beli Rumah di Setu Bekasi, Worth It Nggak?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 29 Mei 2022 18:15 WIB
dHouse Hunter Setu Bekasi
Foto: d'House Hunter Setu Bekasi (Kholida Qothrunnada/detikcom)
Jakarta -

Salah satu nilai plus beli rumah di Setu Bekasi adalah wilayahnya berada di titik antara wilayah antara Cikarang, Cibitung, Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Cukup dekat juga dengan kawasan industri seperti kawasan Jabebeka, dan kawasan MM2100. Sehingga, para pekerja kawasan Industri di sana, banyak yang memilih Setu Bekasi untuk dijadikan tempat hunian mereka.

Di luar itu, ada juga banyak minimarket, klinik, praktik dokter pribadi umum dan spesialis, serta beberapa penunjangnya lainya seperti toko obat dan apotek. Sederet fasilitas pendidikan seperti sekolahan juga ada di wilayah ini.

Adanya akses tol, seperti tol Cimanggis-Cilincing-Cibitung yang akan segera beroperasi juga memang menjadi potensi Setu Bekasi. Hal itu bisa dijadikan kesempatan yang baik, untuk menjadi bagian dari investasi properti di Setu Bekasi. Sales Manager Green Rahayu Tahap 2, Faisal pun mengungkapkan kenaikan harga rumah di perumahannya itu.

"Rumah untuk tipe 36/60 di perumahan Green Rahayu Tahap 2 pas Januari 2020 berada pada harga Rp 260 juta, dan di tahun 2022 sekarang harganya naik menjadi Rp 370 juta," ungkap Faisal.

Tim d'House Hunter melihat jalan utama seperti Jl Raya Narogong memang lumayan besar. Tapi, ada beberapa jalan juga yang tidak terlalu lebar. Kondisi jalan memang terlihat cukup baik, tidak banyak ditemukan lubang-lubang besar di sekitarnya.

Namun, memang akan ada banyak truk-truk pembawa produksi dari wilayah Industri yang melewati jalan di wilayah sekitar Setu Bekasi. Hal ini dikarenakan, jalan di sana menjadi salah satu akses menuju kawasan MM2100. Tentunya, hal itu membuat pengendara harus bisa ekstra sabar. Sehingga, kemacetan juga kerap terjadi di beberapa titik. Puncak kemacetan biasanya terjadi pada jam sibuk berangkat-pulang kerja. Namun, di beberapa jalan contohnya Jl Raya Setu Bantar Gebang dari pagi hingga sore hari terpantau ramai lancar.

Disisi lain, berdasarkan penelusuran tim d'House Hunter, sayangnya Setu Bekasi belum memiliki mal besar sendiri. Untuk menikmati mal besar, pilihannya bisa ke wilayah kota Bekasi ataupun Cibubur. Setiap wilayah pastinya memiliki plus minus. Misalnya, lokasi perumahan yang harus masuk jauh dari jalan besar, akses jalan kendaraan sekitar perumahan yang kecil dan lain sebagainya. Sehingga, kendaraan mobil akan cukup kesusahan apabila menuju rumahnya.

Lalu, bagaimana akses bagi mereka yang kerjanya di Jakarta? Buka halaman selanjutnya.