Nyoman Nuarta Pamerkan Desain Final Istana di IKN, Begini Penampakannya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 12:38 WIB
Desain Final Istana di IKN
Desain Final Istana di IKN/Foto: Dok. Instagram Nyoman Nuarta
Jakarta -

Perancang Kawasan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Nyoman Nuarta memamerkan desain akhir kawasan Istana Kepresidenan.

Rancangan desain ini diunggah dalam sebuah video di akun Instagram pribadi milik Nyoman. Total durasi video selama 5 menit 34 detik.

"Desain final Istana IKN," tulis Nyoman di Instagram dikutip Senin (13/6/2022).

Begitu video diputar akan tampak desain istana yang megah dikelilingi pepohonan dan sungai. Di depan istana terdapat lapangan. Tidak jauh dari situ terpampang tulisan Istana berwarna kecoklatan. Bangunan istana juga berbentuk garuda, sesuai dengan yang direncanakan.

Nyoman menjelaskan bangunan garuda berbahan kuningan. Bahan ini dinilai lebih cocok dari tembaga.

"Bentuk garuda terbentuk dari bilah-bilah yang bagian kulitnya dibuat dari kuningan supaya lebih tahan korosi daripada tembaga dan juga menyerap panasnya lebih lamban dari tembaga mengingat di IKN cuaca cukup panas dan banyak hujan," kata Nyoman menjawab salah satu komentar.

Desain Final Istana di IKNDesain Final Istana di IKN Foto: Dok. Instagram Nyoman Nuarta

Nyoman juga menunjukkan dua pintu masuk Istana Kepresidenan, yakni pintu utara sebagai pintu samping dan pintu tenggara sebagai pintu utama.

Dalam kawasan istana juga tampak bangunan paviliun presiden dengan gazebo berwarna coklat. Lalu juga ada bangunan masjid penuh dengan warna putih, termasuk dengan kubahnya, dengan desain semi terbuka sehingga sirkulasi udara lebih mudah masuk dan keluar.

Gedung edukasi atau museum pun dibuat di kawasan istana. Museum ini dibuat bertingkat. Para pengunjung museum juga bisa menikmati suasana asri karena dikelilingi pepohonan dan sungai.

Dalam video juga tampak bangunan lain yang masuk dalam kawasan Istana Kepresidenan, seperti Kantor Kepresidenan, Kantor Staf Khusus Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, Mes Paspampres, dan bangunan pendukung.

(ara/ara)