ADVERTISEMENT

Stasiun Pondok Ranji Bisa Diakses via Bintaro, Hunian TOD Makin Menjamur

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 13:42 WIB
Wajah terbaru Stasiun Pondok Ranji
Foto: (dok KAI)
Jakarta -

Stasiun Pondok Ranji di Tangerang Selatan selesai ditata ulang. Pentaaan ulang Stasiun Pondok Ranji membuat warga Bintaro lebih mudah mengakses KRL.

"Bagi warga Bintaro akan senang sekali. Ini menjadi titik konektivitas dari rumah, ke stasiun lalu ke kantor. Bayangkan kalau dulu macet ke sini, sekarang menjadi lebih nyaman. Dan tentunya kenyamanan ini akan mempersingkat waktu dan kemacetan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peresmian stasiun, Kamis (16/6/2022) kemarin.

Semakin mudahnya akses transportasi umum membuat kawasan berbasis transit oriented development (TOD) juga berkembang. Dikutip dari keterangan PT Jaya Real Property Tbk (JRP), pengembang ikut membangun beberapa Kawasan TOD, yaitu pengembangan superblok multifungsi yang terintegrasi dengan stasiun KRL untuk kemudahan mobilitas penghuninya maupun masyarakat umum.

Stasiun Pondok Ranji yang berada di Kawasan Kota Mandiri Bintaro Jaya ditingkatkan menjadi Kawasan TOD. Pengembangan TOD Pondok Ranji ini diawali dengan peremajaan stasiun, membangun akses baru stasiun yang lebih mudah dan nyaman dicapai yang terintegrasi dengan jaringan shuttle bus InTrans Bintaro (terhubung dengan CBD Bintaro Jaya dan Bintaro Plaza) maupun pedestrian yang lebar dan nyaman untuk ditempuh dengan berjalan kaki.

TOD Pondok Ranji menjadi kawasan superblok multifungsi seluas 29 hektare (ha) yang mengintegrasikan antara Stasiun Pondok Ranji dengan Bintaro Plaza Residences, pusat perbelanjaan Bintaro Plaza, Aviary Park, Rumah Sakit dan pusat-pusat pendidikan terkemuka, serta kawasan komersial lainnya.

JRP melengkapi pengembangan TOD dengan Tower Creativo, tower terbaru dari Bintaro Plaza Residences. Tower Creativo memberikan kemudahan akses yang terhubung langsung dengan KRL melalui Akses Baru Stasiun Pondok Ranji.

JRP akan membangun 656 unit hunian tipe studio, 1 bedroom dan 2 bedroom serta 48 unit coffice (creative office) dengan desain tata ruang yang digemari Generasi Milennial, dilengkapi dengan Creative Hub yang akan menjadi pusat komunitas kreatif dan kolaboratif.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT