Butuh 2 Jam dari Jakarta Menuju Rumah Murah Jokowi di Cikarang

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 16:04 WIB
Kondisi Terkini Proyek Sejuta Rumah
Foto: Kondisi Terkini Proyek Sejuta Rumah (Kholida Qothrunnada/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah membangun rumah subsidi di perumahan Villa Kencana Cikarang untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Proyek rumah murah itu pun diresmikan dan didatangkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat 2017 lalu.

Seperti diketahui, pembangunan Villa Kencana Cikarang sejatinya telah dimulai sejak 2016. Lokasinya berada di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Kabupaten Bekasi. Rumah yang dibangun bagi kalangan MBR itu tipenya 25/60. Lalu, bagaimana kondisinya sekarang?

Untuk melihat kondisi terkini program rumah murah Jokowi itu, detikcom sengaja meluncur ke lokasi menggunakan mobil, melalui jalan tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (23/6/2022).

Dari Jakarta Selatan masuk tol Cawang, waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan mobil sekitar 2 jam. Jika kondisi jalan macet, untuk mencapai lokasi perumahan ini, waktu tempuh bisa saja lebih dari 2 jam.

Sesampainya di Kabupaten Bekasi, detikcom keluar dari gerbang tol Cibitung. Lalu, melanjutkan perjalan sekitar 35 menit, untuk sampai di lokasi perumahan itu. Sepanjang jalan menuju lokasi, beberapa jalan memang tidak terlalu lebar. Namun, jalan yang dilalui cenderung tak berbelok-belok.

Ketika melewati akses jalan utama menuju perumahan ini, kita akan banyak melihat beberapa perumahan komersil baru di sana. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah menemukan fasilitas umum seperti masjid, gerai terail, hingga sekolah. Ada juga berbagai pedagang dan warung makanan, minuman, gerai retail, hingga toko baju.

Sesampainya di area gerbang masuk perumahan, akses jalan utama masuknya memang cukup lebar. Ketika berbelok mengunjungi bagian Blok L, detikcom melihat banyak warga yang sedang melakukan aktivitas jual beli di sana. Contohnya, ada sekumpulan ibu-ibu yang sedang berbelanja sayur-mayur, tapi mayoritas dipenuhi dengan warung-warung sembako. Sehingga, sudah tampak ramai dihuni.

Namun, ketika ditelusuri lebih dalam ke area perumahan ternyata masih banyak rumah yang terlihat kosong tak berpenghuni di beberapa titik. Di beberapa blok, banyak rumah yang kondisinya sudah rusak dan tak terurus, bahkan ada juga yang tertutup tanaman liar.

Untuk akses transportasinya, dari perumahan ini kita bisa menuju Stasiun Cikarang selama 15-20 menit menggunakan motor. Sementara, untuk ke Terminal Cikarang membutuhkan waktu selama 20 menit. Pantauan detikcom dari pukul 10.20-15.30 WIB, jalan akses menuju perumahan ini terlihat ramai lancar.

Berdasarkan catatan detikcom, perumahan Villa Kencana Cikarang sendiri merupakan perumahan bersubsidi untuk wong cilik yang dibangun bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Awal perilisan, harga per unit rumah itu dibanderol dengan Rp 112 juta hingga Rp 141 juta.

Lihat juga Video: Ini Syarat Pengajuan KPR dengan BPJS Ketenagakerjaan

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)