ADVERTISEMENT

Diresmikan 2019, Seperti Apa Rumah DP Rp 0 Pertama Besutan Anies Kini?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 06:30 WIB
Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/Shafira Cendra Arini
Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Program rumah DP Rp 0 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini menuju genap 3 tahun. Peresmian hunian yang berada di kawasan Pondok Kelapa 2019 silam. Program ini merupakan salah satu janji kampanye Anies saat Pilkada DKI 2017.

Pembangunan hunian rumah susun bersama milik atau rusunami ini dimulai pada 18 Januari 2018 dan diberi nama Menara Samawa. Hunian ini merupakan yang pertama dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta dan terletak di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Bangunan 21 lantai dengan total sekitar 780 unit ini dihuni sejak bulan Agustus 2019. Developer proyek ini adalah PD Sarana Jaya.

Lantas, bagaimana kondisi proyek rumah DP 0 rupiah pertama Anies saat ini?

Bangunan 21 lantai ini kini nampak ramai oleh para penghuni, mulai dari para pekerja lajang yang tinggal sendirian hingga mereka yang sudah berkeluarga. Ramai terlihat jemuran-jemuran menggantung di balkon-balkon unit apartemen, menandakan hampir seluruh unit telah terisi penuh. Anak-anak kecil berlari-lari hingga membuat gema riuh tawa di bagian selasar lobby bangunan.

Di area parkir, terlihat ratusan motor berjajar rapi di area basement dan juga outdoor. Tak ketinggalan, berbagai merek mobil turut ramai berjejer di area yang lebih terbuka. Parkiran tersebut terlihat rapi dengan jalan yang telah di aspal dan marka-marka jalan pembatas kendaraan.

Berbagai fasilitas umum nampak tersedia di area publik seperti area lobby, playground, mushola, balai warga, kantin, taman hijau, pos satpam, toilet umum yang bersih, hingga sekretariat RW.

Tidak hanya itu, para penghuni dijamin keamanannya dengan diberi kartu akses lift, sehingga orang yang bisa menggunakan lift hanyalah yang memiliki kartu akses tersebut. Itu pun disesuaikan dengan lantai tempat unitnya berada.

Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/Shafira Cendra AriniRumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/Shafira Cendra Arini Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/Shafira Cendra Arini

Building Manager dari Unit Menara Samawa, Afry Purwanto mengatakan kondisi Menara Samawa ini kini telah ramai dihuni. Bahkan, unit yang terisi sudah mencapai sekitar 706 unit, dengan sisa kurang lebih 42 unit kosong.

"Sisa 42 unit. Rata-rata tinggal studio semua. Gedung ini full harga dengan DP 0 rupiah," ujar Afry kepada detikcom, Senin (27/06/2022).

Rusun DP Rp 0 dulu sepi peminat, baca di halaman berikutnya



Simak Video "3 Terdakwa Kasus Lahan Munjul Dituntut 5 hingga 7 Tahun Bui"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT