ADVERTISEMENT

Badan Otorita Tawarkan Proyek IKN ke Investor Bulan Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Jul 2022 17:35 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono/Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono menyatakan proses pembangunan IKN akan dimulai bulan depan. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan penawaran pada proyek-proyek pembangunan di IKN Nusantara kepada investor.

"Bulan depan kami akan mulai lakukan jajak pasar atau market sounding dari beberapa interest (ketertarikan) dan keinginan dari elemen masyarakat dalam pembangunan IKN," kata Bambang dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya sarana dan prasarana penunjang masyarakat di IKN bakal dibangun. Proyek-proyek sarana penunjang ini lah yang akan ditawarkan ke investor.

Menurutnya, di kawasan inti pemerintah akan ada beberapa titik yang akan dibangun menjadi fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kehidupan sehari-hari.

"Di beberapa titik kita akan bangun fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kehidupan sehari-hari. Di mana tempat membeli kebutuhan sehari-hari dan sebagainya. Kemudian juga entertainment untuk masyarakat," papar Bambang.

Proyek-proyek itu lah yang akan ditawarkan ke investor. "Mungkin banyak pihak yang mau lihat kemungkinan adanya peluang ikut ke dalam pembangunan IKN," tandasnya.

Pembangunan IKN Dimulai

Bambang juga menegaskan pada Agustus mendatang proyek pembangunan infrastruktur dasar di IKN bakal dimulai. Pengerjaan akan terfokus pada pekerjaan pertanahan.

"Pekerjaan infrastruktur dan bangunan inti akan disiapkan. Di lapangan akan kita lihat pekerjaan macam land consolidation, land clearing, dan pemetaan tanah. Kemudian, kita juga membuat akses logistik dipersiapkan," jelas Bambang.

"IKN akan segera dibangun di bulan Agustus mendatang," ujarnya.

Setelah proses pertanahan selesai, tahun depan giliran pembangunan bangunan inti pemerintahan akan digeber.

"Harapannya, tahun depan kita mulai full scale dalam skala penuh bangun infrastruktur dan bangunan inti di IKN," pungkas Bambang.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT